Konsep Pemikiran Tazkiyatun Nafs oleh Ibnu Taimiyah dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter

Authors

  • Nanda Khosidatul Fauziyah Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Dhia Lutfia Azaria Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Khainuddin Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/spiritualita.v8i2.2316

Keywords:

Ibnu Taimiyah, Tasawuf, Pendidikan karakter, Tazkiyatun Nafs

Abstract

Tazkiyatun nafs menurut Ibnu Taimiyah adalah proses pemurnian jiwa dan pembentukan karakter moral yang membantu dalam memahami akhlak islami. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang konsep tazkiyatun nafs menurut Ibnu Taimiyah serta relevansinya dalam pendidikan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kepustakaan. Pengumpulan data didapatkan dari buku, jurnal,artikel, dan literlatur lainnya. Hasil dari penelitan ini adalah Tazkiyatun nafs adalah pembersihan atau penyucian sifat lathifah rubbaniyah dalam diri manusia dari berbagai perangai yang tidak sesuai dengan fitrah manusia. Tazkiyah sebagai konsep pendidikan dan pengajaran merupakan tugas untuk memberi tindakan hidup taat bagi individu yang melakukannya, sedangkan nafs pada pembahasan ini bermakna jiwa, sebagai sesuatu yang menggerakkan jasmani, dan bisa di didik agar dapat dikendalikan. Pendidikan akhlak menurut Ibnu Taimiyah dalam kitab "Tazkiyatun Nafs" telah mengungkapkan berbagai aspek yang relevan untuk memahami pandangan beliau tentang pembentuk karakter moral yang baik berdasarkan ajaran Islam. Pendidikan akhlak menurut Ibnu Taimiyah ditekankan pada konsep tauhid dan iman yang kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anbiya, Ahmad Zainal, ‘Tazkiyatun Nafs Dalam Mengembalikan Fitrah Manusia Modern’, Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 7.1 (2023), 133–48

C. flores, ‘Konsep Tazkiyatun Nafs Ibnu Taimiyah Dalam Perspektif Pendidikan Islam’, Αγαη, 8.5 (2019), 55

Fadl Tajuddin and Abdul Karim, ‘Konsep Tazkiyat Al-Nafs Dalam Pendidikan Islam Perspektif Syaikh Ibnu ‘Athă Illah Al-Sakandari Dalam Kitab Al-Hikam’, 2012, 1–22.

Khalid Ibrahim Jindan, Teori Pemerintahan Islam Menurut Ibnu Taimiyah, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1994), hlm 22.

Kementerian Agama Republik Indonesia, al-Qur’an dan Terjemahnya, (Solo: PT tiga serangkai pustaka mandiri, 2015), 250

Muhammad Khaidir and Muhammad Qorib, ‘Metode Pendidikan Akhlak Menurut Ibnu Taimiyah Dalam Kitab Tazkiyatun Nafs’, IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 7.1 (2023).

Nulhakim, Lukma, ‘Membentuk Sikap Jujur Mahasiswa BKI Melalui Pembiasaan (Conditioning)’, Al-Tazkiah, 8.2 (2019), 129–53

Riko Purwanto, ‘Perbandingan Konsep Tazkiyatun Nafs Antara Ibnu Taimiyah Dan Said Hawwa Dan Relefansinya Dengan Pendidikan Karakter’, Bandung Conference Series: Islamic Education, 2.3 (2023), 631–35.

Rofi’i, Muhammad Arwani Rofi’i, ‘Al-Nafs Dalam Al-Qur’an: Makna, Macam Dan Karakteristiknya’, Al-I’jaz : Jurnal Studi Al-Qur’an, Falsafah Dan Keislaman.

Saputra, E, ‘Komunikasi Berbasis Pendidikan Karakter: Studi Kritis Pemikiran Ibnu Taimiyah Tentang Tazkiyah Al-Nafs’, At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi. 10.2 (2019), 148–62.

Sulhan, M., and Eva Latipah, ‘Refleksi Nafs Dalam Kisah Nabi Yusuf As Dan Zulaikha: Analisis Tafsir Al-Mishbah Karya Quraish Shihab’, TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6.2 (2022), 198–210.

Sulhan, Sulhan, ‘Pendidikan Akhlak Persfektif Ibnu Taimiyah: Analisis Kitab Tazkiyatun Nafs’, Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15.3 (2022), 379.

Susanti, Dina, ‘Guiding Noble Morals Based On Ayyuhal Waladul Muhibbah By Al Ghazali With The Tazkiyatun Nafs Approach’, Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12.2 (2020), 6.

Yunan, Muhammad, Rustam Ependi, and Nazrial Amin, ‘Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang’, JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8.2 (2023), 560–69.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Khosidatul Fauziyah, N., Lutfia Azaria, D., & Khainuddin. (2024). Konsep Pemikiran Tazkiyatun Nafs oleh Ibnu Taimiyah dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter. Spiritualita, 8(2), 159–169. https://doi.org/10.30762/spiritualita.v8i2.2316

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.