Implementasi Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Pembinaan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Al-Fattah Pule Tanjunganom Nganjuk

Authors

  • Achmad Muzammil IAIN MADURA
  • Rissa Rismawati Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/spiritualita.v6i2.804

Keywords:

Nilai-nilai Tasawuf, Pembinaan Akhlak, Pondok Pesantren

Abstract

Di era globalisasi telah terjadi problematika terkikisnya nilai-nilai etika dan moral diberbagai kalangan terutama para remaja. Hal tersebut dapat dilihat banyaknya pergaulan bebas, hilangnya sopan santun, tawuran antar pelajar, kekerasan dan kerusuhan. Sehingga dapat dikatakan problematika ini yang menjadikan generasi sekarang kehilangan jati diri dan akhlaknya. Mengingat bahwa pentingnya penerapan nilai-nilai tasawuf terhadap pembinaan akhlak para remaja, sehingga dapat membentuk pribadi yang berakhlakul karimah, untuk itu sangat diperlukan implementasi nilai-nilai tasawuf dalam pembinaan akhlak disegala kondisi dan situasi. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: (1) Apa saja nilai-nilai tasawuf yang diajarkan di Pondok Pesantren Al-Fattah Pule? (2) Bagaimana implementasi nilai-nilai tasawuf dalam pembinaan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Fattah Pule? Tujuan penulisan dalam skripsi ini yaitu: (1) Untuk mengetahui nilai-nilai tasawuf yang ditanamkan di Pondok Pesantren Al-Fattah Pule (2) Untuk mengetahui implementasi nilai-nilai tasawuf terhadap pembinaan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Fattah Pule. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan dengan menggunakan metode pengumpulan data yakni diantaranya observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, mengungkapkan bahwa nilai-nilai tasawuf yang diajarkan di Pondok Pesantren Al-Fattah Pule yakni meliputi; taubat, sabar dan zuhud. Dari hasil proses implementasi nilai-nilai tasawuf dalam pembinaan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Fattah Pule, yakni menggunakan 3 media pendidikan tasawuf dengan melalui; Pembelajaran dalam kelas, kegiatan ekstra kurikuler serta latihan mandiri. Kemudian di Pondok Pesantren Al-Fattah Pule proses membina akhlak para santri dalam penanaman nilai-nilai tasawuf dengan melalui  3 tahapan pembinaan akhlak dalam tasawuf yang dirumuskan oleh Imam al-Ghazali yaitu meliputi takhalli, tahalli dan tajalli. Selain itu, di Pondok Pesantren Al-Fattah Pule perubahan akhlak santri dapat dibedakan atau diruang lingkupkan pada tiga bagian, yakni meliputi Akhlak terhadap Allah SWT, Akhlak terhadap sesama manusia dan Akhlak kepada lingkungan.

References

Ali, Muhammad. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT IMTIMA, 2007.

Amin, Samsul Munir. Ilmu Tasawuf. Jakarta: Amzah, 2017.

Al-Ghalayani, Syekh Mustafa. Bimbingan Menuju ke Akhlak yang Luhur. Semarang: Toha Putra, 1976.

Al-Ghazali, Imam. Ihya’ Ulumuddin. Beirut: Dar Ma’rifah, t.th Juz IV.

Al-Ghazali, Imam. Kitab Ihya’ Ulumuddin Juz VIII, terj. Masyadul Husaini, t.th.

Al-Ghazali, Imam. Minhajul Abidin, terj. Abul Hiyadh. Surabaya: Mutiara Ilmu, 1995; dan edisi terj. M. Rofiq. Yogyakarta: Diva Press, 2007; serta edisi terj. R. Abdullah bin Nuh. Jakarta: Mizan, 2014.

Al-Ghazali, Imam. Ringkasan Ihya’ Ulumuddin terj. Achmad Sunarto. Surabaya: Mutiara Ilmu, 2014.

Al-Sayyid, Fathi Madji. Al-Zuhd Li Al-Imam Abi ‘Abdullah Al-Qurthubi. Mesir: Maktabah Al-Shahabah, 1408H.

Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak Publisher, 2018.

Anwar, Rosihan. Asas Kebudayaan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Ar-Rahim, Mushaf Al-Qur’an dan Terjemah (Jakarta: CV. Pustaka Jaya Ilmu 2014.

———. Mushaf Al-Qur'an dan Terjemah (Jakarta: CV. Pustaka Jaya Ilmu, 2014.

A’la, Abd. Pembaruan Pesantren. Yogyakarta: Lkis, 2006.

Baradza, Umar. Bimbingan Akhlak bagi Putra-putri Anda-2. Surabaya: Pustaka Progressif, 1992.

Daudy, Ahmad. Kuliah Filsafat Islam. Jakarta: Bintang Bulan, 1986.

Deswita, “Konsepsi al-Ghazali tentang Fiqh dan Tasawuf”, JURIS Vol.13, no.1, (Juni 2014).

Firdaus, “Membentuk Pribadi Berakhlakul Karimah,” Jurnal Al-Dzikra Vol. XI, no. 1 (Januari-Juni, 2017).

Ghazali, Imam. Ajaran-ajaran Akhlak. Surabaya: Al-Ikhlas, 1980.

Hosna, Rofiatul. “Internalisasi Nilai-nilai Tasawuf dalam Sholawat Wahidiyah bagi Pembentukan Karakter Mulia (Studi Kasus di SMK Ihsanniat Rejoagung Ngoro Jombang).” Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman Vol. 04, no. 1 (Juni 2018).

Ibrahim, M. Zaki. Tasawuf Hitam Putih. Solo: Penerbit Tiga Serangkai, 2006.

Isa, Abdul Qadir. Hakikat Tasawuf. Terj. Khoirul Amru Harahap. Jakarta: Qisthi Press, 2010.

Mahdiansyah. “Tindak Kekerasan Di Kalangan Siswa SMA/SMK.” Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan Vol. 10, no. 2 (Agustus 2017).

Mamik. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama, 2015.

Muhadjir, Noeng. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Saraen, 2002.

Munfarida, Ida. “Nilai-nilai Tasawuf dan Relevansinya bagi Pengembangan Lingkungan Hidup.” Thesis, UIN Raden Intan Lampung, 2017.

Munir, Misbachul.“Konsep Sabar Menurut Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya’ ‘Ulum Al-Din.” Jurnal Spiritualis, Vol.5, no.2 (September 2019).

Nasr , Sayyed Hussein. Tasawuf Dulu dan Sekarang. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1985

Prasodjo, Sudjono. Profil Pesantren. Jakarta: LP3S, 1982.

Rahmah, St. “Penanaman Nilai-nilai Tasawuf dalam Keluarga.” Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah Vol. 05, no. 10 (Juli-Desember 2017).

Rif’i, Bahrun, dan Hasan Mud’is. Filsafat Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Shihab, Quraish. Wawasan Al-Qur’an. Bandung: Mizan, 2000.

Siregar, Rifay. Tasawuf dari Sufisme Klasik ke Neo-Sufisme. Jakarta: Raja Grafindo, 2002.

Solihin, M., ed. Akhlak Tasawuf. Diterjemahkan oleh M. Rosyid Anwar. Bandung: Nuansa, 2005.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Suhaeni, Eny. “Implementasi Nilai-nilai Tasawuf dakam Politik Perspektif Sosiologi.” Jurnal Rausyan Fikr Vol. 16, no. 1 (Maret 2020).

Sukandarrumidi. Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2004.

Sulton, M. dan Khusnurridlo. Manajemen Pondok Pesantren dalam Perspektif Global. Yogyakarta: LP, 2006.

Suryadarma, Yoke, dan dan Ahmad Hifdzil Haq. “Pendidikan Akhlak Menurut Al-Ghazali.” Jurnal At Ta’dib Vol. 10, no. 2 (Desember 2015).

Susanti Agus. “Penanaman Nilai-nilai Tasawuf Dalam Pembinaan Akhlak”, Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam Vol.7, no.1 (November 2016)

Syukur, HM. Amin. Pengantar Studi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.

Tim Penyusun Buku Pedoman Karya Ilmiah. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Kediri: STAIN Kediri, 2016.

W, Truli Maulida. “Mengejawantahkan Nilai-nilai Tasawuf Pada Diri Guru.” Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol. 8, no. 1, (Januari-Juli 2019)

Zahari, Mustasfa. Kunci Memahami Ilmu Tasawuf. Surabaya: Bina Ilmu, 1997.

Zaprulkhan, Ilmu Tasawuf: Sebuah Kajian Tematik. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Sumber WEBSITE:

“Pondok Pesantren Al-Fattah Nganjuk”, www-laduni-id.cdn.ampproject.org. 27 Juni 2018, diakses tanggal 25 Mei 2021.

Fitriyanti, Laras Iin. “Krisis Moral Melanda Generasi Muda Tanpa Adanya Pendidikan Karakter”, Kompasina.com, http://www.kompasina.com/larasiin/krisis-moral-melanda-generasi-muda-tanpa-adanya-pendidikan-karakter_56fb38982323bd89048b457c, 30 Maret 2016 (09:23), diakses tanggal 12 Juli 2021.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Achmad Muzammil, & Rismawati, R. . (2022). Implementasi Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Pembinaan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Al-Fattah Pule Tanjunganom Nganjuk. Spiritualita, 6(2), 109–131. https://doi.org/10.30762/spiritualita.v6i2.804

Issue

Section

Articles