Aplikasi Nilai-Nilai Tasawuf Untuk Meningkatkan Etos Kerja Islami

Authors

  • Ika Novianti Institut Agama Islam Tribakti Kediri
  • Lailatul Fitriah Prodi Tasawuf dan Psikoterapi, Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/spiritualita.v6i2.606

Keywords:

Etos Kerja Islami, Nilai-nilai Tasawuf

Abstract

Etos kerja merupakan salah satu hal yang fundamental dalam suatu organisasi. Dalam hal ini efektivitas organisasi dapat didorong oleh etos kerja yang kuat dari kinerja kelompok sehingga dalam suatu perusahaan memang diharapkan memiliki karyawan-karyawan yang unggul baik secara hard skill maupun soft skill.  Pada kajian etos kerja islami, ada beberapa hal yang dibutuhkan manusia dalam membentuk etos kerja. Tujuan riset ini adalah mengetahui nilai-nilai tasawuf dalam penerapannya sebagai landasan untuk meningkatkan etos kerja. Metode penelitian menggunakan kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) yang menggunakan buku-buku dan literatur-literatur lainnya sebagai objek yang utama. Pada penelitian kualitatif, perlu dilakukan analisis deskriptif. Metode analisis deskriptif memberikan gambaran dan keterangan yang secara jelas, objektif, sistematis, analitis dan kritis mengenai nilai-nilai etos kerja yang terdapat dalam kitab Ihyā` Ulūmu ad-Dīn. Hasil yang diperoleh bahwa terdapat komponen-komponen dalam tasawuf yang sesuai dalam kajian etos kerja diantaranya adalah al-raja’ (optimisme), istiqomah, sabar, ikhlas, ridho, qana’ah, syukur. Komponen-komponen ini menjadi pondasi utama untuk memahami penerapan konsep etos kerja dalam dunia kerja sehingga manusia tidak hanya bertujuan mencari nafkah tetapi juga mensyukuri nikmat berupa rizqi dari Allah SWT serta berikhtiar tanpa kenal lelah guna mengharap ridho Allah SWT.

References

Cummings, T.. & Worley, C (2008). Organization Development & Change. USA: South Western Engage Learning.

Hadi, S. 1995. Metodologi Research Jilid 3. Metodologi Research Jilid 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Mantra, Ida Bagoes. 2008. Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muzakkir, Relevansi Ajaran Tasawuf Pada Masa Modern. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman.

Vosloban, R. I. (2012). The Influence of the Employee’s Performance on the company’s growth-a managerial perspective. Procedia Economics and Finance, 3, 660–665.

Sinamo, Jansen. (2011). Etos Kerja Profesional. Jakarta: Institut Dharma Mahardika.

Urfy, D. (2009). “Kontribusi Motivasi dan Etos Kerja terhadap komitmen Profesional serta Dampaknya pada Peningkatan Kinerja auditor.” Skripsi Program Sarjana UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Novianti, I., & Fitriah, L. (2022). Aplikasi Nilai-Nilai Tasawuf Untuk Meningkatkan Etos Kerja Islami. Spiritualita, 6(2), 90–97. https://doi.org/10.30762/spiritualita.v6i2.606

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)