Implikasi Nilai Tasawuf Al-Ghazali dan Relasi Spiritual Quetient (SQ) pada Santri

Authors

  • Mochamad Yufi Universitas Islam Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30762/spiritualita.v7i2.1387

Keywords:

Pesantren, Kecerdasan Spiritual, Tasawuf al-Ghazali

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan pengetahuan kepada masyarakat ataupun khalayak umum pada era modern saat ini, khususnya bagi yang ingin menambah wawasan mengenai lembaga pesantren. Pesantren tidak hanya menjadi wahana pusat ilmu pengetahuan saja, akan tetapi pesantren juga sebagai pembentukan karakter akhlak bagi para pelajar ataupun santri. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan deskriptif analis dengan merujuk dari beberapa literatur terdahulu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis untuk memahami kondisi sosial di saat pandemi berlangsung, hasil dari penelitian ini bahwa penekanan tasawuf al-Ghazali pada tazkiyatun al-nafs , yakni bagaimana membersihkan jiwa untuk mendekatkan diri dengan sang peencipta dengan menyadari akan nilai-nilai kehidupan. Hal itu telah di implementasikan oleh para santri dengan inisiasi oleh keluarga pesantren serta pengurus pesantren untuk meningkatkan nilai-nilai spiritualitas pada saat kegiatan hybride.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Rahman, Abdul Halim, ‘Tasawuf Di Pesantren (Kajian Terhadap Pemikiran Tasawuf Al-Ghazali)’, Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA), 4.TASAWUF (2020) <http://jurnal.instika.ac.id/indx.php/jpik>

Agama-agama, Jurusan Studi, Fakultas Ushuluddin, D A N Filsafat, Universitas Islam, Negeri Sunan, and Ampel Surabaya, ‘Interaksi Sosial Pondok Pesantren Darussalam Dengan Masyarakat Kristen Di Tambak Madu Surabaya’, 2018, 1–83

Dahlan, Jaeni, ‘Spiritual Quotient (SQ) Menurut Danah Zohar & Ian Marshall Dan Ary Ginanjar Agustian Serta Implikasinya Terhadap Domain Afektif Dalam Pendidikan Islam’, Tesis, 2019, 1–148 <http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6173/>

Ghufron, M Nur, ‘Peran Kecerdasan Emosi Dalam Meningkatkan Toleransi Beragama’, Fikrah, 4.1 (2016), 138 <https://doi.org/10.21043/fikrah.v4i1.1664>

Gide, André, ‘Pemikiran Imam Al-Ghazali’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1967, 5–24

Hidayati, Taufikurrahman Fitri, and Dina Mardiana, ‘Internalisasi Nilai Tasawuf Al-Ghazali Di Pondik Pesantren: Determinasi Makna Di Era Disruptif 4.0’, 2019, 266–79

Mustofa, Ali, ‘“Sufism Education Is a Solution for Spiritual Intelligence and Character Building.”’, Inovatif, 4.1 (2018), 111–39‘Pembebas Kesesatan’

Rozi, A Fahrur, ‘Tafsir Klasik: Analisis Terhadap Kitab Tafsir Era Klasik’, Kaca (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 9.2 (2019), 33–58 <https://doi.org/10.36781/kaca.v9i2.3036>

Sagala, Rumadani, Rismayani, Taufiq Nur Azis, Aji Arif Nugroho, Rizki Wahyu Yunian Putra, Fredi Ganda Putra, and others, ‘Pendidikan Spiritual Keagamaan (Dalam Teori Dan Praktik)’, Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1.2 (2019), 91

Sciences, Health, ‘Peran Kiai Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri Pondok Pesntren Al-i’anah Wonosobo’, 4.1 (2016), 1–23

Soehadha, Moh, Metode Penelitian Sosial Kualitatif Untuk Studi Agama, ed. by ANWAR, 2nd edn (2018: SUKA-Press, 2018)

Wardi, Moh, ‘Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Keislaman’, INTERPRETASI KENABIAN(Peran Ganda Nabi Muhammad Sebagai Manusia Biasa Dan Rasul), 2.1 (2015), 36–46

Zaini, Ahmad, ‘Pemikiran Tasawuf Imam Al-Ghazali’, Esoterik, 2.1 (2017) <https://doi.org/10.21043/esoterik.v2i1.1902>

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Yufi, M. (2023). Implikasi Nilai Tasawuf Al-Ghazali dan Relasi Spiritual Quetient (SQ) pada Santri. Spiritualita, 7(2), 125–134. https://doi.org/10.30762/spiritualita.v7i2.1387

Issue

Section

Articles