Kepemimpinan Sufistik Menurut Perspektif Al-Ghazali dan Ibnu Taimiyah
DOI:
https://doi.org/10.30762/spiritualita.v7i1.1010Keywords:
Kepemimpinan Sufistik, Al-Ghazali, Ibnu TaimiyahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan sufistik menurut perspektif Al Ghazali dan Ibnu Taimiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menguraikan tentang karakteristik kepemimpinan mnurut kedua tokoh sufi tersebut. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan studi kepustakaan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat benyak persamaan mengenai kepemimpinan Al Ghazali dengan Ibnu Taimiyah. Karakteristik pemimpin menurut keduanya memiliki persamaan yaitu amar ma’ruf nahi munkar, adil, dan berdasar pada Al Qur’an dan Hadits Sedangkan perbedaan kepemimpinan keduanya terletak pada pada proses pola pikir mereka. Al Ghazali yang merupakan seorang filsuf dan salah satu tokoh tasawuf menekankan pada akal dan batin yang dibuktikan bahwa terdapat 3 poin kepemimpinannya yang berisi intelektual, agama, dan akhlak. Sedangkan Ibnu Taimiyah menekankan pada hukum-hukum fiqh yang mengharuskan sebuah kepemimpinan itu mengikuti hukum Islam seeprti zakat, qurban, dan infaq.
Downloads
References
Abid, N. (2011). Developing A Web-Based Model Using Moodle 1.9 For Teaching And Learning English At Smk Negeri 1 Jombang. Universitas Islam Malang.
Afriansyah, Ade. Konsep Pemimpin Ideal Menurut Al-Ghazali, Jurnal Nalar Vol 1, No 2, Desember 2017, hal 82-94.
Farihah, I., & Nurani, I. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Skema Hidden Curriculum Di Mts Nurul Huda Medini Demak. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 213–234. https://doi.org/10.21043/EDUKASIA.V12I1.2347
Khalik, Abu Tholib. Pemimpin Non-Muslim Perspektif Ibnu Taimiyah. Jurnal Studi Keislaman, Volume 14, Nomor 1, Juni 2014, hlm 86
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Spiritualita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.