Pengaruh Membaca Al Qur’an dengan Terjemahnya Terhadap Kecemasan

Authors

  • Devia Purwaningrum Universitas Nahdatul Ulama Blitar Jawa Timur
  • Wiwik Suatin Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
  • Aulia Zanetti Alfreda Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/spiritualita.v6i2.603

Keywords:

Terapi Islam, Kecemasan

Abstract

Setiap orang pasti pernah merasakan cemas dengan tingkatan yang berbeda-beda tergantung situasi yang dialami. Subjek merasa bahwa kecemasan yang dirasakan kini mulai mengganggu kesehariannya terutama setelah melakukan satu kegiatan tertentu subjek merasa cemas dengan apa yang telah dilakukan. Sehubungan dengan kondisi tersebut, peneliti menggunakan metode membaca Al Qur’an dan terjemahannya dalam memberikan solusi dari perasaan cemas terhadap perilaku yang telah ia lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh membaca Al Qur’an dan terjemahannya terhadap kecemasan pada subjek X. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terapi membaca Al Qur’an dan terjemahannya mampu mengurangi perasaan cemas. Selain itu, peneliti menemukan bahwa dengan mengamalkan terapi ini subjek X mampu merubah pola pikirnya menjadi lebih positif.

References

Az-Zahrani, Musfir bin Said. (2015)Konseling Terapi. Jakarta: Gema Insani.

Adz-dzakiey, H.B. (2015). Prophetic Intelligence: Kecerdasan Kenabian. Yogyakarta: Al Manar.

Karnianto, S. (2013). Kemampuan berfikir positif mutadabbirin al-quran. Skripsi tidak diterbitkan.

Sholeh. (1999). Korelasi antara keseringan membaca al-qur’an dengan penurunan kecemasan. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Heru. (2008). Ruqyah Syar’I berdasarkan kearifan local. http://trainermuslim.com/fe.ed/rss. Diunduh tanggal 30 September 2022.

Kaplan dan Sadock. (2010). Sinopsis Psikiatri ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis. Jakarta: Binarupa Aksara

Nikmatus, shaleha. (2019). Terapi sayyidul istighfar untuk meningkatkan self esteem (studi kasus seorang perempuan di desa padelegan pademawu pamekasan). Jurnal penelitian psikologi.

Nulhusni nadyya, agung t prasetia. (2021). Religious counseling dzikir untuk mengatasi kecemasan tentang kematian pasca kecelakaan. Al-shifa: jurnal bimbingan konseling islam .2 (1), 30-34.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Purwaningrum, D. ., Suatin, W. ., & Alfreda, A. Z. . (2022). Pengaruh Membaca Al Qur’an dengan Terjemahnya Terhadap Kecemasan. Spiritualita, 6(2), 74–81. https://doi.org/10.30762/spiritualita.v6i2.603

Issue

Section

Articles