Pelaksanaan Program Sufi Parenting Sebagai Upaya Penanganan Masalah Remaja Di Kota Kediri
DOI:
https://doi.org/10.30762/spiritualita.v6i1.286Keywords:
kenakalan remaja, parenting, pendidikan dan sufi parentingAbstract
Remaja adalah masa di mana manusia berkembang antara usia anak anak dan dewasa di masa ini remaja mengalami pertumbuhan emosional yang tinggi, jadi remaja akan mudah terjerumus dalam permasalahan permasalahan sosial yang ada di masyarakat, maka dari itu orang tua berperan penting dalam menangani masalah kenakalan remaja. Secara umum penyebab kenakalan remaja bisa di picu karena pergaulan bebas; menganggap dirinya sudah besar jadi melarang orang tua ikut campur dalam urusannya; selalu berfikir bahwa dirinya itu sudah besar sehingga berbuat sesukanya; adanya konflik; akibat terlalu dalam berpacaran; kurangnya motivasi hidup dari orang di sekitarnya; dan kurangnya perhatian dari orang tua (Yusuf, 2009: 23). Dengan kondisi ini menjadikan tim ini melakukan pelatihan Sufi Parenting dalam menangani kenakalan remaja serta secara umum guna memberikan pembekalan bagi orang tua tentang pendidikan anak usia remaja. Melalui pelatihan Sufi Parenting akan membantu para orang tua untuk menyiapkan diri dengan lebih cepat sekaligus sebagai langkah penyelesaiana masalah remaja yang sudah ada dan terjadi di Kota Kediri. Kegiatan pelatihan mencakup materi tentang pendidikan anak khususnya tentang pengetahuan masalah anak, remaja dan seksualitas dalam keluarga dan masyarakat ditujukan pada remaja dan orang tua di Kelurahan Pojok, Kelurahan Kaliombo, Kelurahan Mojoroto, dan Kelurahan Tosaren Kota Kediri telah terlaksana dengan baik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai pendidikan anak khususnya pengetahuan masalah anak, remaja dan seksualitas dalam keluarga dan masyarakat ditujukan pada remaja dan orang tua di Kelurahan Pojok, Kelurahan Kaliombo, Kelurahan Mojoroto, dan Kelurahan Tosaren Kota Kediri telah terlaksana dengan baik.
Downloads
References
Ayranci, Evren dan F Semercioz. 2011. The Relationship Between Spiritual Leadership and Issues of Spirituality and Religiosity; A Study of Top Turkish Managers. International Journal of Bussiness and Management, Vol. 6 No 4, April
Cheng, A. S. & Fleischmann, K. R. 2010. Developing a Meta Inventory of Human Values. ASIST : Pittsburg
Friedman, A. Type A Behavior and Your Heart, New York: Alfred A. Knopf, 1974, hal. 84.
Rokeach, M. 1973. The Nature of Human Values. New York : The Free Press.
Hocking, DE., MD Myers dan SN Cairns. Toward a Model for The Use of Spirituality in Teaching Accounting. Journal of Academic and Bussiness Ethics.
Khanifar, Hossein., Gholamreza Jandaghi dan Samereh Shojaie. 2010. Organizational Consideration between Spirituality and Professional Comitment. European Journal of Social Sciences, Vol 12 Number 4.
Dr. Erma Pawitasari, Problematika Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Islam, Islamia, volume IX, No.1. 2014
M. Ihya’ Ulumiddin, 2017, Nasroh Tausyiah Pondok Nurul Haromain, Nuha Production, Malang
M. Fauzi Rahman, Islamic Parenting, (Jakarta: Erlangga, 2011), hlm.4
A., Doni Koesoema, 2010. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global.Jakarta: Grasindo.
Yusuf, Syamsu. 2009. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Spiritualita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.