Relasi Filsafat dengan Psikoterapi dalam Konsep Sa’Adah serta Relevansinya terhadap Kesehatan Mental

Authors

  • Indra latif syaepu Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/spiritualita.v7i2.1323

Keywords:

Filsafat, Tasawuf, Kesehatan Mental

Abstract

Psikoterapi merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani, Pschye yang artinya jiwa dan Therapy yang artinya mengobati. Ahli lain menyebutkan, Psikoterapi merupakan sebuah pelayan terhadap pasien atau pengobatan pada pasien dengan metode mempengaruhi, memberi sugesti, memberi motivasi dan sebagainya tanpa menggunakan peralatan medis seperti obat. Bisa dikatakan, Psikoterapi merupakan metode penangan klinis bagi penderita gangguan Jiwa, penyakit Jiwa, penyakit Rohani, Psikis maupun depresi. Psikoterapi selalu berkaitan dengan kehidupan keseharian manusia, mulai dari arti hidup, makna hidup, tujuan hidup, bagaimana menjalani kehidupan, bagaimana menangani masalah hidup dan sebagainya. Psikoterapi Transpersonal melibatkan peranan agama untuk mengobati pasien yang mengalami ganguan kesehatan jiwa. Terkait dengan Jiwa, tentunya tidak bisa terlepas dari wilayah kajian filsafat. Filsafat merupakan keilmuan pertama yang membahas konsep jiwa dalam diri manusia. Dalam ranah aksiologi etika keilmuan, filsafat dan Psikoterapi ditemukan. Etika merupakan salah satu cabang keilmuan filsafat yang membahas tentang moral, akhlak yang menentukan sikap dan perilaku manusia dalam kehidupan. Etika disini mengerah kepada perilaku baik atau buruk. Ada juga yang mengartikan etika merupakan sistem nilai dalam kehidupan manusia secara individu maupun kelompok. Oleh karena itu, etika menjadi pegangan hidup individu maupun masyarakat.

References

A Soelaiaman, Darwis filsafat ilmu pengetahuan prespektif barat dan Islam, Aceh: Bandar Pubslishing, 2019.

Efendi, Rusfian Filsafat Kebahagiaan, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2017.

Fani Reza, Iredho Psikoterapi Islam; Teori dan Praktik Mengatasi Gangguan Jiwa Pada Buku Psikologi Islam; kajian teoritik dan Penelitian Emperik, Yogyakarta: CV Istana Agency, 2019.

Hadi Maulana, Yas dan Radea Yuli Peran filsafat stoisisme dalam fenomena kesehatan mental prespektif psikologi dan Islam, Gunung Djati Conference Series, Vol 19, 2023.

Kasim, Amrah Psikoanalisis dan Psikoterapi dalam Linguistik Al Qur’an, Sulawesi: Alauddin University Press, 2021.

Mas’ud Akhlak Tasawuf: membangun keseimbangan antara lahir dan batin, Surabaya: Pena Salsabila, 2018.

Mas’ud, Ali Akhlak Tasawuf, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Muzakir Tasawuf dan Kesehatan, Jakarta: Pranadamedia Group, 2018.

Rozi, Syafawan Tasawuf dan Psikologi, IAIN Bukit Tinggi, 2018.

Rusyid, Ahmad “Kecemasan dan Psikoterapi Spiritual Islam” , Yogyakarta: Istana Publishing, 2015.

Subandi Latihan Meditasi untuk Psikoterapi dalam buku Psikoterapi;pendekatan konvensional dan kontemporer, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.

Sulaiman, Asep Mengenal Filsafat Islam, Bandung: YRAMA WIDYA, 2016.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

syaepu, I. latif . (2023). Relasi Filsafat dengan Psikoterapi dalam Konsep Sa’Adah serta Relevansinya terhadap Kesehatan Mental. Spiritualita, 7(2), 75–88. https://doi.org/10.30762/spiritualita.v7i2.1323

Issue

Section

Articles