This is an outdated version published on 2022-11-28. Read the most recent version.

IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE JIGSAW DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Dewi Agus Triani STAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/universum.v10i02.753

Keywords:

pembelajaran kooperatif, jigsaw, perguruan tinggi, kreativitas

Abstract

Pembelajaran Kooperatif merupakan pembelajaran yang mengharuskan peserta didik bekerja secara
berkelompok untuk menemukan pemecahan terhadap permasalahan yang telah diberikan. Jigsaw
merupakan salah satu metode dalam strategi pembelajaran kooperatif yang memberi ruang kepada
peserta didik untuk belajar aktif dengan mengoptimalkan potensi dirinya dan bertanggung jawab
atas kepercayaan yang diberikan oleh anggota timnya. Tulisan ini berisi uraian strategi pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw yang bisa diterapkan di perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi
Islam.Strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini mampu memberikan kontribusi terhadap
pengajaran di perguruan tinggi agar pembelajaran tidak lagi didominasi oleh dosen yang menjadikan
peserta didik cenderung pasif menerima dan menghafal materi dari dosen. Implementasi strategi
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw akan menambah variasi dosen dalam mengajar dan menjadikan
peserta didik lebih kreatif membangun sendiri pengetahuannya.

Downloads

Published

2022-11-28

Versions

How to Cite

Dewi Agus Triani. (2022). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE JIGSAW DI PERGURUAN TINGGI. UNIVERSUM: Jurnal Keislaman Dan Kebudayaan, 10(02), 219–227. https://doi.org/10.30762/universum.v10i02.753

Issue

Section

Articles