IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE JIGSAW DI PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.30762/universum.v10i02.753Keywords:
pembelajaran kooperatif, jigsaw, perguruan tinggi, kreativitasAbstract
Pembelajaran Kooperatif merupakan pembelajaran yang mengharuskan peserta didik bekerja secara berkelompok untuk menemukan pemecahan terhadap permasalahan yang telah diberikan. Jigsaw merupakan salah satu metode dalam strategi pembelajaran kooperatif yang memberi ruang kepada peserta didik untuk belajar aktif dengan mengoptimalkan potensi dirinya dan bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan oleh anggota timnya. Tulisan ini berisi uraian strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang bisa diterapkan di perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi Islam.Strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini mampu memberikan kontribusi terhadap pengajaran di perguruan tinggi agar pembelajaran tidak lagi didominasi oleh dosen yang menjadikan peserta didik cenderung pasif menerima dan menghafal materi dari dosen. Implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw akan menambah variasi dosen dalam mengajar dan menjadikan peserta didik lebih kreatif membangun sendiri pengetahuannya.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2022-11-29 (2)
- 2022-11-28 (1)