IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE JIGSAW DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Dewi Agus Triani STAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/universum.v10i02.753

Keywords:

pembelajaran kooperatif, jigsaw, perguruan tinggi, kreativitas

Abstract

Pembelajaran Kooperatif merupakan pembelajaran yang mengharuskan peserta didik bekerja secara berkelompok untuk menemukan pemecahan terhadap permasalahan yang telah diberikan. Jigsaw merupakan salah satu metode dalam strategi pembelajaran kooperatif yang memberi ruang kepada peserta didik untuk belajar aktif dengan mengoptimalkan potensi dirinya dan bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan oleh anggota timnya. Tulisan ini berisi uraian strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang bisa diterapkan di perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi Islam.Strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini mampu memberikan kontribusi terhadap pengajaran di perguruan tinggi agar pembelajaran tidak lagi didominasi oleh dosen yang menjadikan peserta didik cenderung pasif menerima dan menghafal materi dari dosen. Implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw akan menambah variasi dosen dalam mengajar dan menjadikan peserta didik lebih kreatif membangun sendiri pengetahuannya.

Downloads

Published

2022-11-28 — Updated on 2022-11-29

Versions

How to Cite

Dewi Agus Triani. (2022). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE JIGSAW DI PERGURUAN TINGGI. UNIVERSUM: Jurnal Keislaman Dan Kebudayaan, 10(02), 219–227. https://doi.org/10.30762/universum.v10i02.753 (Original work published November 28, 2022)

Issue

Section

Articles