STUDI KUALITATIF FENOMENOLOGIS: PENERAPAN HADIS ETIKA MAKAN DAN MINUM PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU HADIS UINSU

Authors

  • Wildani Ramadhan Marbun Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara
  • Sulidar Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30762/universum.v18i1.2220

Keywords:

Hadis, Etika Makan, Etika Minum, Mahasiswa

Abstract

Perguruan tinggi adalah tempat dimana Mahasiswa mengenyam pendidikan padaa leel yang lebih tinggi disertai dengan nalar dan pemahaman serta keilmuan yang mendalam. Disela-sela kehidupan kampus yang padat dan tekanan kuliah, mahasiswa dihadapkan pada tuntutaan kenyataan harus bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. Akan tetapi, terkadang permasalahan muncul dari mahasiswa yang dipandang tidak dapat menjadi contoh dalam hal ber-etika, dalam hal ini adalah yang peling melekat dengan kehidupan, etika makan dan minum. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk melihat fenomena pada mahasiswa dalam kehidupan kampus dalam menjalankan etika makan dan minum sesuai Hadis dalam Islam. Dengan menggunakan pendekekatan Fenomenologis Kualitatif dengan 7 orang partisipan, penelitian ini akan memberikan gambaran konkrit terhadap fenomena mahasiswa dalam menjadalankan etika makan dan minum berbasis Hadis. Temuan dalam penelitian ini memperlihatkan hasil yang bervariasi dalam menjalankan etika makan dam minum pada mahasiswa, terdapat partisipan yang benar-benar menjalankan etika makan dan minum sesuai hadis dan adapula yang sekedarnya. Dengan penelitian ini diaharapkan dapat memberikan gambaran mengenai realitas mahasiswa dalam menjalankan etika makan dan minum sesuai Hadis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisya, Nur, Dinda Ayutami, and Rehany Indri Nuraini. “Etika Makan Dan Minum Bagi Kesehatan Serta Hubungannya Dalam Akidah Islam.” Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 1, no. 6 (2023): 916–23. https://doi.org/ttps://doi.org/10.55606/religion.v1i6.808.

Al-Ju’fi, Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al-Mughirah bin Bardizbah al-Bukhari. Shahih Al-Bukhari. 1st ed. Bulaq: Daar Thuq an-Najah, 2001.

Al-Qazwini, Abu Abdillah Muhammad bin Yazid bin Majah. Sunan Ibnu Majah. Edited by Abdul Lathif Muhaqqiq Syuaib al-Arnauth, ’Adil Mursyid, Muhammad Kamil. 1st ed. Daar ar-Risalah al-Alamiyyah, 2009.

Alwi, Zulfahmi, Akbar, Amin Hady, Abdul Muiz Amir, Jawiah Dakir, and Latifah Abdul Majid. “The Anomaly of Good-Looking : The Relationship Between Spirituality and Extremism on Hadith and Social Religious Perspective.” Qudus International Journal of Islamic Studies 9, no. 2 (2021): 463–502. https://doi.org/10.21043/qijis.v9i2.10476.

An-Naisaburi, Abu Abdillah Muhammad bin Abdul Hakim. Al-Mustadrak ’ala Shahihain. Edited by Dairasah Tahqiq Musthafa Abdul Qadir ’Atha. 1st ed. Beirut: Daar al-Kutub al-‘Alamiyyah, 1990.

An-Naisaburi, Muslim bin al-Hajjaj. Shahih Muslim. Kairo: Mathba’ah Musthafa al-Babi al-Halabi, 1955.

An-Nasa’i, Abu Abdirrahman Ahmad bin Syu’aib. As-Sunan Al-Kubro. Edited by Tahqiq Hasan Abdul Mun’im Syallabi disempurnakan oleh Syu’ain Al-Arnauth. 1st ed. Beirut: Muassasah ar-Risalah, 2001.

As-Sijistani, Abu Dawud Sulaiman bin al-Asy’ayts bin Ishaq. Sunan Abu Dawud. Edited by Syu’aib Al-Arnauth and Muhammad Kamil. 1st ed. Beirut: Muassasah ar-Risalah, 2009.

At-Tirmidzi, Muhammad bin Isa bin Sauroh bin Musa bin adh-Dhahhak. Sunan At-Tirmidzi. Edited by Tahqiq dan Ta’’liq Muhammad Syakir dan Fuad Abdul Baqi. 2nd ed. Mesir: Syirkah Maktabah wa Mathba’ah Musthafa al-Babi al-Halabi, 1975.

Eddles-hirsch, Katrina. “Phenomenology and Educational Research.” International Journal of Advanced Research (The University of Notre Dame Australia) 3, no. 8 (2015): 251–60. https://researchonline.nd.edu.au/cgi/viewcontent.cgi?referer=https://www.google.com.pk/&httpsredir=1&article=1172&context=edu_article.

Farah, Bilqis. “Analisis Perubahan Orientasi Pola Hidup Mahasiswa Pasca Berakhirnya Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Noken Universitas Muhammadiyah Sorong 5, no. 2 (2020).

Fikri, Hamdani Khairul. “Fungsi Hadis Terhadap Al-Qur’an.” Tasamuh 12, no. 2 (2015): 178–88.

Hanbal, Ahmad bin. Musnad Al-Imam Ahmad Bin HAnbal. Edited by Syu’aib Al-Arnauth, Dkk. ’Adil Mursyid, and disempurnakan oleh Dr. Abdullah bin Abdul Muhsin At-Turki. 1st ed. Beirut: Muassasah ar-Risalah, 2001.

Harsanto, Prayanto Widyo. “GAYA HIDUP MODERN DAN IKLAN (Budaya Makan Mi Instan Sebagai Identitas).” IMAJI Jurnal Pendidikan Dan Seni 71 (1978): 77–87. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/imaji.v7i1.6645.

Hsieh, H. F., & Shannon, S. E. “Three Approaches to Qualitative Content Analysis.” Ualitative Health Research 15(9) (2005): 1277–88.

Kurniawan, Syamsul. “Globalisasi, Pendidikan Karakter Dan Kearifan Lokal Yang Hybrid Islam Pada Orang Melayu Kalimantan Barat.” Jurnal Penelitian 12, no. 2 (2018): 317–54.

Meria, Aziza. “PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI.” Jurnal Al-Ta’lim 1, no. 1 (2012): 87–92.

Novita, B. Dian, Soegianto Ali, and Yeremias Jena. “Diskusi Dilema Moral Dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Etika.” Jurnal Widya Medika 1, no. 1 (2013): 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.33508/jwm.v1i1.285.

Nuha, Nazahah Ulin, and Ninda dwi Anggraeni. “Implementasi Hadits Nabawi Terhadap Etika Makan Dan Minum (Kajian Living Hadis).” IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman 7, no. 2 (2023): 108–18. https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v7i2.745.

Perdana, Ari Andika, Amir Hasan, and M Rasuli. “Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Persepsi Kontrol Perilaku Dan Etika Terhadap Whistleblowing Intention Dan Perilaku Whistleblowing (Studi Empiris Di BPKP Perwakilan Riau Dan Sumatera Barat).” Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis 11, no. 1 (2018): 89–98. http://jurnal.pcr.ac.id.

Pratiwi, Yuviekha Dhea, and Ode Moh Man Arfa Ladamay. “Ibu Adalah Sekolah Pertama (Al Ummu Madrasatul Ula) Bagi Anaknya Dalam Buku Bidadari Itu Adalah Ibu Karya Ninik Handrini.” Tamaddun 24, no. 1 (2023): 017. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v24i1.5888.

Rini, Quroyzhin Kartika, Ursa Majorsy, and Ratna Maharani Hapsari. “Hubungan Metakognisi, Efikasi Diri Akademik Dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa.” In Prosiding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur &Teknik Sipil), 6:66–71, 2015.

Ritonga, Asnil Aidah. “Maktabah Syamilah as an Information Seeking Tool for Higher Education in Islamic Studies.” Library Philosophy and Practice 9, no. 1 (2021). https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/6196/.

Santosa, Sandi, and Ahmad Yunus. “Persepsi Hadis Larangan Makan Dan Minum Berdiri Dan Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Karakter Santri.” Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 02 (2022): 241–58. https://doi.org/10.37542/iq.v5i02.817.

Sholeh, Muhammad, and Untung Joko Basuki. “Edukasi Adab Makan Dan Minum Dengan Menggunakan Media Animasi Kartun Pada TPA Masjid Al Ikhlas Graha Prima Sejahtera Bantul.” GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6, no. 1 (2022): 28–37. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i1.2605.

Sulidar. Wawasan Pengamalan Al-Hadis. 1st ed. Medan: CV. Merdeka Kreasi Group, 2023.

Sulidar, Sulidar. “TM Hasbi Ash-Shiddieqy: Tokoh Perintis Kajian Hadis Di Indonesia,” 2010.

Sumantyo, Franciscus Dwikotjo Sri. “Pendidikan Tinggi Di Masa Dan Pasca Covid-19.” Jurnal Kajian Ilmiah 1, no. 1 (2020): 81–92. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.266.

Trimartati, Novita. “Studi Kasus Tentang Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan.” Psikopedagogia 3, no. 1 (2014): 20–28.

Utami, Sekar Gesti Amalia, and Fatma Ulfatun Najicha. “Kontribusi Mahasiswa Sebagai Agent of Change Dalam Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Pada Kehidupan Bermasyarakat.” De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 2, no. 3 (2022): 96–101. https://doi.org/10.56393/decive.v2i3.591.

Yusuf, Nasruddin. “HADIS SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM (Telaah Terhadap Penetapan Kesahihan Hadis Sebagai Sumber Hukum Menurut Syafi’iy).” Potret Pemikiran 19, no. 1 (2015): 34–51. https://doi.org/10.30984/pp.v19i1.714.

Zakarya, Hafidz, Martaputu, Husna Nasihin. “Pendidikan Karakter Di Sekolah: Pengaruhnya Terhadap Pengembangan Etika Sosial Dan Moral Siswa.” Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability 4, no. 1 (2022): 1–12.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Marbun, W. R. ., & Sulidar. (2024). STUDI KUALITATIF FENOMENOLOGIS: PENERAPAN HADIS ETIKA MAKAN DAN MINUM PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU HADIS UINSU. Universum, 18(1). https://doi.org/10.30762/universum.v18i1.2220

Issue

Section

Articles