MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BOWLING KALENG

Authors

  • Rosa Imani Khan PG-PAUD UN PGRI Kediri
  • Ninik Yuliani Kepala TK Dharma Wanita Gogorante Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri.

DOI:

https://doi.org/10.30762/universum.v10i01.741

Keywords:

Kemampuan berhitung, Anak usia dini, Permainan Bowling Kaleng

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan Bowling Kaleng. Berhitung adalah kemampuan setiap anak dalam matematika seperti menyebutkan angka-angka atau menghitung dan mengetahui angka. Mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini dapat dilakukan melalui permainan. Hal ini akan lebih efektif karena dunia anak adalah dunia bermain, di mana permainan Bowling Kaleng adalah salah satunya. Penelitian ini dilaksanakan terhadap 30 anak di kelompok B TK Dharma Wanita Gogorante, Kediri. Usia mereka antara 5-6 tahun, terdiri dari 16 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dalam 2 putaran. Setiap putaran terdiri dari empat fase; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada awal bulan Januari 2016. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pembelajaran melalui permainan Bowling Kaleng dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Rata-rata kemampuan anak untuk menghitung, menambah, dan mengurangi bertambah di akhir putaran. Melalui permainan ini, anak belajar untuk berhitung objek nyata yang mereka sukai dalam atmosfer yang menyenangkan dan nyaman.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-28 — Updated on 2022-11-29

Versions

How to Cite

Rosa Imani Khan, & Ninik Yuliani. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BOWLING KALENG. Universum, 10(01), 65–71. https://doi.org/10.30762/universum.v10i01.741 (Original work published November 28, 2022)