This is an outdated version published on 2022-11-28. Read the most recent version.

CURRICULUM DEVELOPMENT IN INDONESIAN CONTEXT THE HISTORICAL PERSPECTIVES AND THE IMPLEMENTATION

Authors

  • Sri Wahyuni STAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/universum.v10i01.737

Keywords:

pengembangan kurikulum, pendidikan nasional, konteks Indonesia

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendiskusikan pengembangan kurikulum di konteks Indonesia. Salah satu aspek
penting yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan adalah pengembangan kurikulum. Kurikulum sebagai
perangkat perencanaan dan sistem tentang tujuan, isi, materi dan metode yang digunakan pada proses belajar
dan mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan mempunyai peran penting dalam pendidikan nasional.
Kurikulum sebagai komponen pendidikan bersifat dinamis, selalu berubah seiring dengan waktu. Perubahan
itu sangat penting seiring dengan perubahan masyarakat, kebutuhan siswa, dan perkembangan ilmu dan
teknologi. Perkembangan kurikulum pendidikan pada suatu negara termasuk Indonesia dapat mencerminkan
perkembangan negara tersebut. Di Indonesia, kurikulum nasional telah berubah berkali-kali. Namun,
keseluruhan kurikulum nasional di desain dengan dasar yang sama, yaitu Pancasila dan UUD 1945.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-28

Versions

How to Cite

Sri Wahyuni. (2022). CURRICULUM DEVELOPMENT IN INDONESIAN CONTEXT THE HISTORICAL PERSPECTIVES AND THE IMPLEMENTATION. Universum, 10(01), 73–82. https://doi.org/10.30762/universum.v10i01.737