PEMETAAN SISTEM PENGELOLAAN PENDIDIKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (SCHOOL BASED MANAGEMENT)

Authors

  • Sumarto Sekretaris Jurusan PGRA STAI Ma’arif Kota Jambi dan Dosen Luar Biasa IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

DOI:

https://doi.org/10.30762/universum.v10i01.742

Keywords:

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Sistem Pengelolaan Pendidikan, Kualitas pendidikan, partisipasi publik

Abstract

Tulisan ini memetakan pengelolaan pendidikan yang ada di sekolah dengan melihat potensi yang dikembangkan setiap elemen sekolah, mulai dari kepala sekolah, tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan siswa-siswi. Potensi yang menjadi kontribusi adalah harapan setiap sekolah. Potensi tidak hanya sebagai daftar yang hanya diketahui, tetapi untuk dilaksankan dalam pemetaan yang baik dan benar. Melalui adanya Manajemen Berbasis Sekolah tentunya memberikan kewenangan otonom kepada sekolah untuk mengembangkan diri dengan visi misi dan program kerja yang sudah direncanakan. Dengan pendekatan diskriptif-analitis, tulisan ini menyimpulkan bahwa Manajemen Berbasis Sekolah merupakan sebuah paradigma manajemen yang mengarus-utamakan otonomi dan pelibatan masyarakat, otonomi pendidikan yang dimaksud adalah sebuah upaya untuk memberikan ruang yang seluas-luasnya kepada sekolah untuk mengembangkan dan mengelola institusinya, selain itu juga institusi pendidikan diharapkan mampu menemukan relevansinya dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat setempat dengan melibatkan masyarakat dalam pengambilan dan pengawalan kebijakan pendidikan.

Downloads

Published

2022-11-28 — Updated on 2022-11-29

Versions

How to Cite

Sumarto. (2022). PEMETAAN SISTEM PENGELOLAAN PENDIDIKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (SCHOOL BASED MANAGEMENT). UNIVERSUM: Jurnal Keislaman Dan Kebudayaan, 10(01), 83–90. https://doi.org/10.30762/universum.v10i01.742 (Original work published November 28, 2022)