EVALUASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS AL-QUR’AN DAN HADITH

Authors

  • Sumarto STAI Ma’arif Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30762/universum.v10i02.751

Keywords:

manajemen pendidikan, evaluasi, qur’an dan hadith

Abstract

Pada umumnya, ada empat fungsi manajemen yang banyak dikenal masyarakat, yaitu fungsi perencanaan (planning), fungsi pengorganisasian (organizing), fungsi pengarahan (directing) dan fungsi pengendalian (controlling). Untuk fungsi pengorganisasian terdapat pula fungsi staffing (pembentukan staf). Para pemimpin dalam organisasi diharapkan mampu menguasai semua fungsi manajemen yang ada untuk mendapatkan hasil manajemen yang maksimal. Tulisan ini membahas evaluasi dan manajemen pendidikan berbasis Al-Qur’an dan Hadith. Manajemen Pendidikan Islam merupakan pengaturan pendidikan yang didasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam sebagaimana tercantum dalam al-Qur’an dan Hadith, serta pemikiran para ulama. Sedangkan evaluasi merupakan salah satu komponen dari sistem pendidikan Islam yang harus dilakukan secara sistematis dan terencana sebagai alat untuk mengukur keberhasilan, atau target yang akan dicapai dalam proses manajemen pendidikan Islam.

Downloads

Published

2022-11-28 — Updated on 2022-11-29

Versions

How to Cite

Sumarto. (2022). EVALUASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS AL-QUR’AN DAN HADITH. UNIVERSUM: Jurnal Keislaman Dan Kebudayaan, 10(02), 199–207. https://doi.org/10.30762/universum.v10i02.751 (Original work published November 28, 2022)

Issue

Section

Articles