PRINSIP-PRINSIP ORGANISASI (MUNAZZAMA) DALAM PERSPEKTIF HADIS DAN IMPLEMENTASINYA PADA MAHASISWA PRODI ILMU HADIS FUSI UINSU
DOI:
https://doi.org/10.30762/universum.v18i2.2725Keywords:
Organisasi, Jamiah, Perspektif Hadis, Implementasi, Mahasiswa, Prodi Ilmu Hadis, FUSI, UINSUAbstract
Artikel ini membahas konsep organisasi (jamiah) dalam perspektif hadis dan penerapannya pada mahasiswa Program Studi Ilmu Hadis di Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam (FUSI) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur untuk mengeksplorasi berbagai hadis yang berhubungan dengan prinsip-prinsip organisasi, seperti kerja sama (ta'awun), tanggung jawab (mas'uliyah), dan kepemimpinan (imamah). Analisis hadis-hadis tersebut menunjukkan bahwa Islam menekankan pentingnya kolaborasi, tanggung jawab kolektif, dan kepemimpinan yang adil serta bijaksana dalam organisasi. Prinsip-prinsip ini diterapkan dalam konteks akademis melalui kegiatan seperti pelatihan manajemen organisasi, simulasi kepemimpinan, dan proyek kolaboratif di kalangan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip organisasi yang diajarkan dalam hadis membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan manajemen, meningkatkan kemampuan bekerja sama, dan menanamkan nilai-nilai etika dalam berorganisasi. Pemahaman mendalam tentang konsep organisasi dalam perspektif hadis ini juga memperkuat karakter dan kompetensi mahasiswa, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia kerja dan masyarakat. Secara keseluruhan, integrasi konsep organisasi dalam perspektif hadis ke dalam kurikulum dan kegiatan mahasiswa di Prodi Ilmu Hadis FUSI UINSU memberikan kontribusi signifikan terhadap pembentukan karakter dan kualitas akademis serta non-akademis mahasiswa.
Downloads
References
Akila, Akila. “Pengaruh Tanggung Jawab Dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Wisma Grand Kemala Palembang.” Jurnal Media Wahana Ekonomika 17, no. 3 (2020): 226. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i3.4848.
An-Naisaburi, Muslim bin al-Hajjaj. Shahih Muslim. Kairo: Mathba’ah Musthafa al-Babi al-Halabi, 1955.
Darmalaksana, Wahyudin. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020, 1–6.
Dasman. AL-KUTUB AL-SITTAH Sejarah Dan Manhaj Kitab Shahih Al-Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Al-Tirmidzi, Sunan Abu Dawud, Sunan Al-Nasa’i Dan Sunan Ibn Majah. Edited by Aminullah. I November. Jember: IAIN Jember Press, 2015.
Fikri, Hamdani Khairul. “Fungsi Hadis Terhadap Al-Qur’an.” Tasamuh 12, no. 2 (2015): 178–88.
Fitri, Adelia, Nurasha Alfahira, and Fitri Hayati. “Membangun Kerja Sama Tim Dalam Perilaku Organisasi.” MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies 2, no. 2 (2023): 103–9. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v2i2.252.
Hadi, S. “Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi [Examination of the Validity of Qualitative Research Data on Thesis].” Ilmu Pendidikan 22, no. 1 (2016): 21–22.
Hartono, Sidiq, Sulidar, and Zulkarnaen. “Benarkah Nabi Muhammad Six Pack?(Studi Takhrij Hadis).” Qolamuna: Jurnal Studi Islam 9, no. 02 (2024): 67–83. https://www.ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/qolamuna/article/view/1715.
Ismail, Muhammad bin, and Shahih Bukhari. “Nikah, Wanita Menjadi Penanggung Jawab Dalam Rumah Suaminya,” n.d.
Ismail, Muhammad bin, and Shahis Bukhari. “Menolong Orang Yang Terzhalimi.” Layanan dokumentasi utama dan keislaman, 2022.
Jones, G. R. Organizational Theory, Design, and Change. Pearson Education, 2010.
Junaidi, Junaidi. “PRINSIP-PRINSIP DASAR MANAJEMEN DALAM ISLAM (Kajian Pendidikan Menurut Hadis Nabi).” Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam 1, no. 1 (2017): 119. https://doi.org/10.22373/al-idarah.v1i1.1544.
Kurter, Bernard. “Bagaimana Menjadi Pemimpin Yang Berhasil.” Jakarta : Logos Wacana Ilmu,1989), n.d.
Lasmi, Aida, Habib Bayhaqi, and Suhairi Suhairi. “Membangun Kerjasama Tim Yang Efekti Dalam Organisasi.” Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting 2, no. 1 (2021): 35–45. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v2i1.509.
Mardiyah. “Kepemimpinan Kiyai Dalam Memelihara Budaya Organisasi.” Yogyakarta : Aditya Media publishing, 2013), 2013.
Misnan. “Team and Teamwork Menurut Manajemen Pendidikan.” Jurnal Intelektual Prodi MPI 11 (2022): 1–23.
Nikodimnus. Kepemimpinan Dalam Mengelola Organisasi, FOKUS : Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang, 2023.
Pratama, Andy Riski, Mesis Rawati, Fauzan Fajri, Kiki Oktaviany, and Messy Messy. “Dinamika Organisasi Mahasiswa: Pengembangan, Komitmen, Dan Transformasi Di Zaman Modern.” Jurnal Manajemen Dan Budaya 4, no. 2 (2024): 28–38.
Rahmi Aulia, Bambang Kurniawan, and Muhamad Subhan. “Implementasi Manajemen Kepemimpinan Dalam Pencapaian Tujuan Organisasi.” Journal of Student Research 2, no. 1 (2024): 121–31. https://doi.org/10.55606/jsr.v2i1.1908.
Ritonga, Asnil Aidah, and Asnil Aidah Ritoga. “Maktabah Syamilah as an Information Seeking Tool for Higher Maktabah Syamilah as an Information Seeking Tool for Higher Education in Islamic Studies Education in Islamic Studies Maktabah Syamilah as an Information Seeking Tool for Higher Education in Islamic Studies,” 2021.
Saihu, Made. “EKSISTENSI MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM.” ANDRAGOGI 4, no. 2 (2022): 400–414. https://doi.org/https://doi.org/10.36671/andragogi.v4i02.296.
Sulidar. “Urgensi Kedudukan Hadis Terhadap Alquran Dan Kehujjahannya Dalam Ajaran Islam.” Analytica Islamica 2, no. 2 (2018): 335–51.
Syaiful, Ahmad. “Peran Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan Di Masyarakat.” Journal of Instructional and Development Researches 3, no. 1 (2023): 29–34. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.102.
Syuhbah, Muhammad Muhammad Abu. Al-Kutub Al-Sittah. Kairo: Majmu al-Buhuts alIslamiyyah, 1969.
Wirawan. “Kepemimpinan Teori, Psikolog, Perilaku Organisasi, Aplikasi Dan Penelitian.” (Jakarta: Raja Grafindo Parsada, 2013), 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andri Gunawan, Uqbatul Khoir Rambe
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.