Membangun Spiritualitas melalui Konsep Khudi: Implikasi Pemikiran Muhammad Iqbal terhadap Generasi Z

Authors

  • Sri Widia Utami Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30762/spiritualita.v8i2.2626

Keywords:

Spiritualitas, Khudi, Generasi Z, Muhammad Iqbal

Abstract

Generasi Z adalah generasi yang lahir di era digital, menghadapi berbagai tantangan dalam membangun identitas dan spiritualitas. Dengan akses informasi yang melimpah, mereka sering kali bingung dalam menentukan arah hidup dan tujuan. Dalam konteks ini, pemikiran Muhammad Iqbal tentang konsep Khudi menawarkan panduan yang relevan. Khudi, yang mengacu pada pengembangan diri dan penguatan ego, dapat membantu generasi Z memahami potensi diri dan mencari makna hidup di tengah tekanan sosial yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dari konsep Khudi dalam konteks kehidupan sehari-hari Generasi Z, serta memberikan rekomendasi bagi individu dan komunitas untuk mengintegrasikan nilai-nilai Khudi. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan studi pustaka, serta penelitian ini menganalisis berbagai literatur terkait pemikiran Iqbal dan implikasinya terhadap spiritualitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip Khudi dapat membantu generasi Z mengembangkan kesadaran diri, kemandirian, dan tanggung jawab, serta membangun hubungan yang lebih dalam dengan Tuhan. Selain itu, konsep ini juga berkontribusi pada kesehatan mental dan perkembangan karir mereka. Dengan memahami dan menerapkan Khudi, diharapkan Generasi Z dapat menghadapi tantangan zaman dengan lebih percaya diri dan berkontribusi secara aktif dalam masyarakat yang beragam. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dalam pengembangan spiritualitas di kalangan generasi muda dan mendukung mereka dalam perjalanan menemukan jati diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, Aam, and A. Bachrun Rifai. "Perkembangan Pemikiran Konsep Pendidikan Diri Dalam Perspektif Tasawuf Muhammad Iqbal." Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam 16.1 (2019): 135-158.

Abidin, Zaenal. "Perbandingan tujuan pendidikan untuk membentuk manusia ideal menurut Paulo Freire dan Muhammad Iqbal." Suhuf 30.1 (2018): 1-18.

Ahmadi, Alfarabi Shidqi. "Pemikiran Filosofi Pendidikan Islam Muhammad Iqbal dan Relevansinya dengan Ranah Psikomotorik Siswa." TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam 11.1 (2022): 31-44.

Akbar, Faris Maulana. "Peranan dan Kontribusi Islam Indonesia pada Peradaban Global." Jurnal Indo-Islamika 10.1 (2020): 51-63.

Aksan, Sahjad M. "Pembaruan Hukum Islam di Indonesia." AN-NIZAM Jurnal Hukum dan Kemasyarakatan 13.1 (2019): 45-60.

Al-Fattaah, Restu Aulad, et al. "Interaksi Sufisme, Ekologi dan Teologi di Era Postmodernisme: Antara wahdat al-wujûd Ibn ‘Arabi dan sûluk al-Ghazali." Al-Banjari: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman 22.1 (2023): 1-21.

Amelia, Mia, and Radea Yuli A. Hambali. "Hakikat Ego Manusia Perspektif Teori Filsafat Khudi Muhammad Iqbal." Gunung Djati Conference Series. Vol. 19. 2023.

Aroissi Jarman, et al. “THEORY OF KHUDI AND SPIRITUAL DEVELOPMENT ON IQBAL’S PERSPECTIVE”: Analysis Spiritual Strengthening Islamic Perspective. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 2023, Vol.22 No.2: 271-297.

Azra, Azyumardi. "Renaisans Islam Asia Tenggara: Sejarah Wacana & Kekuasaan." (No Title) (1999).

Hambali, Agus. Konsep manusia modern perspektif Muhammad Iqbal. Diss. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2023.

Hawasi, Hawasi. "Tindakan Moral Sebagai Dasar Etika Eksistensialisme Religius Muhammad Iqbal." DAWUH: Islamic Communication Journal 2.3 (2021): 104-116.

Hawasi, Hawasi. "Tindakan Moral Sebagai Dasar Etika Eksistensialisme Religius Muhammad Iqbal." DAWUH: Islamic Communication Journal 2.3 (2021): 104-116.

Hidayat, Alfan, dan Johan Alamsah. “Filsafat Khudi Muhammad Iqbal (Analisis Kritis Ilmu Pengetahuan Modern).” Jurnal Teologi dan Filsafat Islam Indonesia 6.1 (2024): 19-42.

IQBAL, KONSEP KEPRIBADIAN MUSLIM MUHAMMAD, and DAN PENGUATAN KARAKTER GENERASI MILENIAL. "Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online)." Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online) 2.7 (2018): 711-718. file:///D:/SISKA/e-JMP/URL%20:%20http:/e-jurnalmitrapendidikan.com

Juliana, Kanisa Ayu. "Konsep Progresif-Dinamis Muhammad Iqbal dalam Desain Pembelajaran Kreatif: Telaah Pemikiran Muhammad Iqbal." Al-Wihdah: Jurnal Pendidikan Islam 1.2 (2023): 63-76.

Lidinillah, Mustofa Anshori. "Agama dan Aktualisasi Diri dalam Perspektif Filsafat Muhammad Iqbal (1873-1938)." Jurnal Filsafat 10.2 (2000): 244-257.

Lubis, Dini Kusumandari. "Hakekat Manusia Menurut Muhammad Iqbal dan Kahlil Gibran." Al-Hikmah: Jurnal Theosofi dan Peradaban Islam 4.1 (2022).

Muhar, PS “Filsafat Politik Sir Mohammad Iqbal.” Jurnal Ilmu Politik India 18.3/4 (1957): 175-190.

Mujahid, Muhammad Umer Farooq, dan Ghulam Mohiuddin. "Sikap Allama Iqbal tentang Sosialisme Kontemporer." Pengalaman Siswa Eksperimental 1.8 (2023): 787-792.

Munir, Muchamad Agus. "Rekonstruksi Pendidikan Islam (Studi Kritis Filsafat Pendidikan Islam Muhammad Iqbal)." EL-TARBAWI 10.1 (2017).

Munir, Muchamad Agus. "Rekonstruksi Pendidikan Islam (Studi Kritis Filsafat Pendidikan Islam Muhammad Iqbal)." EL-TARBAWI 10.1 (2017).

Rafid, Rahmad. "Konsep Kepribadian Muslim Muhammad Iqbal Perspektif Pendidikan Islam Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Karakter Generasi Milenial." E-Jurnal Mitra Pendidikan 2.7 (2018): 711-718.

Riyanto, Ridho. "Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Muhammad Iqbal." Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 11.4 (2022): 557-573.

Sadewo, Barry Sandy. Modernisasi Pendidikan Islam: Studi Komparasi Pemikiran Muhammad Iqbal dan Fazlur Rahman. BS thesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2023.

Salimah, Binti. "Epistemologi Eksistensialisme Muhammad Iqbal dan Relevansinya bagi Ilmu Pendidikan (Islam)." Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran 3.2 (2023): 8-14.

Syahbudin, Akhmad, et al. "Agama dan Pendidikan di Barat dan Dunia Islam." Jurnal Mu'allim 5.1 (2023): 84-98.

Umar, Muhammad Suheyl. “Iqbal dan Era Modern.” Lahore: Akademi Iqbal Pakistan (2006).

Zulkarnain, Zulkarnain. Filsafat khudi Mohammad Iqbal dan relevansinya terhadap masalah keindonesiaan kontemporer. Diss. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2016.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Widia Utami, S. (2024). Membangun Spiritualitas melalui Konsep Khudi: Implikasi Pemikiran Muhammad Iqbal terhadap Generasi Z. Spiritualita, 8(2), 135–149. https://doi.org/10.30762/spiritualita.v8i2.2626

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.