Pandangan Ibn Al-Arabi Mengenai Wahdat Al-Wujud dan Konsep Kebahagiaan

Authors

  • Dewi Nur Asiyah IAIN KEDIRI

DOI:

https://doi.org/10.30762/spiritualita.v5i2.844

Keywords:

wahdatul wujud, kebahagiaan

Abstract

Filosofi Wahdatul Wujud konon berpengaruh terhadap pemahaman Jabariyahyang berujung pada pengingkaran terhadap syariah. Ini karena WahdatulWujud sama dengan panteisme. Dengan demikian, tujuan kajian ini adalah untuk menemukan pengaruh pemikiran Ibnu 'arabia, yang dikenal dengan Wahdatul Wujud, terhadap wacana af'âl al-'ibâd. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan literature review, peneliti melakukan penelitian terhadap karya-karya Ibnu 'Arabi dan sekitar literatur terkait. Kesimpulan kajian tersebut, dilihat dari konsep Wahdatul Wujud yang diyakini oleh Ibnu Arabi dan para pengikutnya, menunjukkan bahwa Ibnu Arabi mempercayai teori kasbi dari Imam al-Asy'ar, bahwa manusia masih memiliki wasiat. menghasilkan tindakan. Namun wasiat orang tidak mempengaruhi adanya perbuatan. Karena hanya Tuhan yang memiliki kuasa untuk melakukan pekerjaan. Hal ini sesuai dengan falsafah Wahdatul bahwa tidak ada wujud selain Allah, yang berarti tidak ada perbuatan di alam kecuali perbuatan Allah. Kehendak dan usaha manusia adalah milik manusia, tetapi hanya Tuhan yang dapat memenuhinya. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa ideologi Wahdatul Wujud tidak mendukung konsep Jabariyyah, yang dapat berujung pada pengingkaran syariat.

References

Al Mundzir, Mohammad Darwis. “Makna Kebahagiaan Menurut Aristoteles (Studi Atas Etika Nikomachea).” Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, (2015).

Anwar, Rosihan. Akhlak Tasawuf. Bandung: Cv Pustaka Setia, 2010.

Arrasyid. “Konsep Kebahagiaan Dalam Tasawuf Modern Hamka.” Refleksi, Vol. 19, (2019).

Hasanah, Uswatun. “Konsep Wahdat Al-Wujud Ibn Arabi Dan Manuggaling Kawulo Lan Gusti Raggawarsita (Studi Komparatif).” Universitas Islam Negeri Walisongo, (2015).

Noer, Dr. Kautsar Azhari. Ibn Al-Arabi Wahdat Al-Wujud Dalam Perbedaan. Jakarta: Paramadina, 1995.

Nur, Muhammad. Wahdah Al-Wujud Ibn ’Arabi Dan Filsafat Wujud Mula Shadra. Makassar: Camran Press, 2012.

Widdin, Putri Endrika. “Konsep Kebahagiaan Perspektif Al-Arabi.” Thaqafiyyat, Vol. 19, (2018)

Effendi, Rusfian. Filsafat Kebahagiaan. Yogyakarta: Cv Budi Utama, 2017.

Siraja, Said Aqil. Biografi Ibn Arabi. Jawa Barat: Keira Publishing, 2015.

Soleh, Khudori. Filsafat Islam Dari Klasik Hingga Kontemporer. Jakarta: Ar-Ruzz Medis, 2016

Downloads

Published

2022-12-18

How to Cite

Dewi Nur Asiyah. (2022). Pandangan Ibn Al-Arabi Mengenai Wahdat Al-Wujud dan Konsep Kebahagiaan. Spiritualita, 5(2), 73–82. https://doi.org/10.30762/spiritualita.v5i2.844

Issue

Section

Articles