EVALUASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS AL-QUR’AN DAN HADITH
DOI:
https://doi.org/10.30762/universum.v10i02.751Keywords:
manajemen pendidikan, evaluasi, qur’an dan hadithAbstract
Pada umumnya, ada empat fungsi manajemen yang banyak dikenal masyarakat, yaitu fungsi
perencanaan (planning), fungsi pengorganisasian (organizing), fungsi pengarahan (directing) dan
fungsi pengendalian (controlling). Untuk fungsi pengorganisasian terdapat pula fungsi staffing
(pembentukan staf). Para pemimpin dalam organisasi diharapkan mampu menguasai semua fungsi
manajemen yang ada untuk mendapatkan hasil manajemen yang maksimal. Tulisan ini membahas
evaluasi dan manajemen pendidikan berbasis Al-Qur’an dan Hadith. Manajemen Pendidikan Islam
merupakan pengaturan pendidikan yang didasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam sebagaimana
tercantum dalam al-Qur’an dan Hadith, serta pemikiran para ulama. Sedangkan evaluasi merupakan
salah satu komponen dari sistem pendidikan Islam yang harus dilakukan secara sistematis dan
terencana sebagai alat untuk mengukur keberhasilan, atau target yang akan dicapai dalam proses
manajemen pendidikan Islam.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2022-11-29 (2)
- 2022-11-28 (1)