This is an outdated version published on 2022-11-28. Read the most recent version.

EVALUASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS AL-QUR’AN DAN HADITH

Authors

  • Sumarto STAI Ma’arif Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30762/universum.v10i02.751

Keywords:

manajemen pendidikan, evaluasi, qur’an dan hadith

Abstract

Pada umumnya, ada empat fungsi manajemen yang banyak dikenal masyarakat, yaitu fungsi
perencanaan (planning), fungsi pengorganisasian (organizing), fungsi pengarahan (directing) dan
fungsi pengendalian (controlling). Untuk fungsi pengorganisasian terdapat pula fungsi staffing
(pembentukan staf). Para pemimpin dalam organisasi diharapkan mampu menguasai semua fungsi
manajemen yang ada untuk mendapatkan hasil manajemen yang maksimal. Tulisan ini membahas
evaluasi dan manajemen pendidikan berbasis Al-Qur’an dan Hadith. Manajemen Pendidikan Islam
merupakan pengaturan pendidikan yang didasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam sebagaimana
tercantum dalam al-Qur’an dan Hadith, serta pemikiran para ulama. Sedangkan evaluasi merupakan
salah satu komponen dari sistem pendidikan Islam yang harus dilakukan secara sistematis dan
terencana sebagai alat untuk mengukur keberhasilan, atau target yang akan dicapai dalam proses
manajemen pendidikan Islam.

Downloads

Published

2022-11-28

Versions

How to Cite

Sumarto. (2022). EVALUASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS AL-QUR’AN DAN HADITH. UNIVERSUM: Jurnal Keislaman Dan Kebudayaan, 10(02), 199–207. https://doi.org/10.30762/universum.v10i02.751

Issue

Section

Articles