This is an outdated version published on 2022-11-28. Read the most recent version.

PEMETAAN SISTEM PENGELOLAAN PENDIDIKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (SCHOOL BASED MANAGEMENT)

Authors

  • Sumarto Sekretaris Jurusan PGRA STAI Ma’arif Kota Jambi dan Dosen Luar Biasa IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

DOI:

https://doi.org/10.30762/universum.v10i01.742

Keywords:

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Sistem Pengelolaan Pendidikan, Kualitas pendidikan, partisipasi publik

Abstract

Tulisan ini memetakan pengelolaan pendidikan yang ada di sekolah dengan melihat potensi
yang dikembangkan setiap elemen sekolah, mulai dari kepala sekolah, tenaga pendidik, tenaga
kependidikan dan siswa-siswi. Potensi yang menjadi kontribusi adalah harapan setiap sekolah. Potensi
tidak hanya sebagai daftar yang hanya diketahui, tetapi untuk dilaksankan dalam pemetaan yang
baik dan benar. Melalui adanya Manajemen Berbasis Sekolah tentunya memberikan kewenangan
otonom kepada sekolah untuk mengembangkan diri dengan visi misi dan program kerja yang sudah
direncanakan. Dengan pendekatan diskriptif-analitis, tulisan ini menyimpulkan bahwa Manajemen
Berbasis Sekolah merupakan sebuah paradigma manajemen yang mengarus-utamakan otonomi dan
pelibatan masyarakat, otonomi pendidikan yang dimaksud adalah sebuah upaya untuk memberikan
ruang yang seluas-luasnya kepada sekolah untuk mengembangkan dan mengelola institusinya,
selain itu juga institusi pendidikan diharapkan mampu menemukan relevansinya dengan kebutuhan
dan kepentingan masyarakat setempat dengan melibatkan masyarakat dalam pengambilan dan
pengawalan kebijakan pendidikan.

Downloads

Published

2022-11-28

Versions

How to Cite

Sumarto. (2022). PEMETAAN SISTEM PENGELOLAAN PENDIDIKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (SCHOOL BASED MANAGEMENT). UNIVERSUM: Jurnal Keislaman Dan Kebudayaan, 10(01), 83–90. https://doi.org/10.30762/universum.v10i01.742