KALENDER ISLAM INTERNASIONAL (Analisis Terhadap Sistem Kalender Unifikasi Jamaludin Abd. Raziq)

Authors

  • Qomarus Zaman Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/universum.v17i1.982

Keywords:

Jamaludin Abd. Raziq, Kalender Unifikasi

Abstract

Sistem Kalender Unifikasi Jamaludin Abd. Raziq secara normatif berpijak pada tiga prinsip dasar, yaitu prinsip menerima hisab, prinsip transfer rukyah dan permulaan hari berdasarkan konvensi dunia yaitu tengah malam di garis bujur 180° dari GMT. Selain itu ada 7 syarat kelayakan untuk menjadi kalender Islam internasional, yaitu syarat sebuah kalender, berdasarkan pada peredaran faktual bulan, syarat kelahiran bulan (konjungsi), syarat imkanurrukyah, Tidak boleh menunda masuknya bulan baru ketika hilal sudah terlihat dengan mata telanjang, berlaku di seluruh dunia secara terpadu tanpa membagi bumi dalam zona-zona dan bersifat global (sesuai dengan kesepakatan dunia tentang waktu).

Adapun kemungkinan diterapkannya kalender ini di masa sekarang masih sulit diwujudkan bahkan di Maroko sendiri Negara asal Jamaludin Abd. Raziq, kendalanya adalah tidak adanya lembaga, organisasi atau kekuasaan politik yang mendukung berlakunya kalender yang diusulkannya dan realitas di setiap negara-negara Islam yang memiliki sistem yang berbeda-beda dalam menentukan awal bulan kamariah harus menjadi pertimbangan yang kuat. Selain faktor normatif ilmiah, faktor “kekuatan politik” yang dapat menyatukan kriteria atau sistem menjadi sangat penting dalam hal ini.

References

Anisah Budiwati, Telaah Awal Kalender Hijriah Global Tunggal Jamaluddin ‘Abd al-razik (Sebuah Upaya menuju Unifikasi Kalender) dalam Jurnal Bimas Islam Vol.10. No.III,2017

Izzuddin, Ahmad, Fikih Hisab dan Rukyat, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2007.

Jamaludin Abd. Raziq, al-Azb al-Zulal fi Mabahits Rukyat al-hilal, (Casablanca:Syirkah ansyr wa al-Tauzi' al Madaris, 2002).

____________________, al-Taqwim al-Qamari al-Islami al-Muwahhad (Calendarier Lunaire Islmique Unife), dalam bahasa Arab dan bahasa Perancis (Rabat: Marsam, 2004)

____________________, Kalender Kamariyah Islam Unifikati satu hari satu tanggal di seluruh dunia, diterjemah oleh Syamsul Anwar dari judul aslinya: al-Taqwim al qamary al-Islamy al-Muwahhad (Yogyakarta: Penerbit Itqan Publishing, 2013)

____________________, Bidayat al-Yaum wa bidayat al-lail wa an-Nahar, dalam www.amstro.ma/article/art.debjour.pdf.

____________________, al-Taqwim al-Islami: Muqarabah l-Syumuliyah, Makalah, disampaikan pada The International Symposium "Toward a Unifed International Islamic Calendar, diselenggarakan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Jakarta, 4-6 September 2007.

Ma’rifat Iman, Kalender Pemersatu Dunia Islam, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2010)

Majalah al-Hidayah, Dirasat Haula Tauhid al-A’yad wa al-Mawasim al-Diniyah (T.Tp: Mansyurat, 1981

Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Nomor 03/MLM.1.0/E/2007. Tentang Kriteria Wujudul Hilal.

Mohammad Ilyas, Unified World Islamic Calendar: Syari’a, Science and Globalization (Penang: Malysia: International Ilamic Calendar Programme, 2001).

_______________, Science of New Moon Visibility, International Islamic Calendar and Future Research Process, (Penang: University of Science Malaysia, 2001)

Moh. Nashiruddin, Kalender Hijriyah Universal (Kajian atas Sistem dan Prospeknya di Indonesia), Semarang: el Wafa, 2013.

Mohammad Ilyas, Unified World Islamic Calendar: Syari'a, Science and Globalization, Penang, Malaysia: International Islamic Calendar Programmer, 2001.

Muhyiddin Khazin, Ilmu Falak Dalam Teori dan Praktek, Yogyakarta: Buana Pustaka, cet.I, 2005.

Oaman Fathurrohman SW, Kalender Muhammadiyah: “Konsep dan Implementasinya”, Software, disampaikan dalam Musyawarah Ahli Hisab Muhammadiyah, Yogyakarta: 29-30 Juli 2006.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Lajnah Falakiyah, Pedoman Rukyat dan Hisab Nahdlatul Ulama, Jakarta : tp, 2006.

Penyusun, Encyclopaedia Britanica (London: William Benton Publisher, 1965), Vol. V.

Purwanto, Penyeragaman Kalender Islam: Sebuah Harapan, hal. 19-21. Baca juga Moedji Raharto, Sistem Penanggalan Syamsiyah/ Masehi (Bandung: Penerbit ITB, 2001).

Said Aqil Siraj, “Memahami sejarah Hijrah”, di muat di REPUBLIKJA, Rabu 9 Januari 2008.

Sofwan Jannah, Kalender Hijriyah Dan Masehi 150 tahun, UUI Pres, Yogyakarta.

Slamet Hambali, Almanak sepanjang masa, Cet. I, Semarang: Program Pascasarjana IAIN Walisongo, 2011.

Syamsul Anwar, Kalender Kamariyah Islam Unifikati satu hari satu tanggal di seluruh dunia, terjemahan dari judul aslinya: al-Taqwim al qamary al-Islamy al-Muwahhad (Yogyakarta: Penerbit Itqan Publishing, 2013)

____________, Syamsul Anwar, “Kalender Hijriah Global, Penyatuan Jatuhnya Hari Arafah”, 2008.

Syaukat Audah, dalam Tathbiqat Tiknulujiya al-ma'lumat li I'dad Taqwim Hijri al-Alami, Makalah, disampaikan pada The International Symposium "Toward a Unifed International Islamic Calendar, diselenggarakan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Jakarta, 4-6 September 2007.

_____________,al-Hilal Bain Hisabat al-Falakiyyah wa ar-Ru’yah, Makalah dipresentasikan pada seminar ahli Falak untuk menentukan awal bulan kamariah yang diadakan di Rabat, Maroko pada tanggal 8-10 Nopember 2006, diakses tanggal 28 Oktober 2021 di www.icoproject.org

Qosum, Akhir al-Muqtarahat li Hail Musykilat al-Taqwim al-Islami, dalam AACII

Tantawi Jauhari, al-Jawahir fi Tafsir al-Qur'an al-Kariim, Juz IX, Cet. I, Beirut; Muassasah al-Risalah, 1403 H/ 1983 M.

Tatang W. Anwari, Menyusun Rencana Penelitian, (Jakarta: Rajawali Press, 1996).

Universal Hijric Calendar (UHC), http://www.icoproject.org/uhc.html, akses tanggal 1 Oktober 2021

Winarto Surakhmad, Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, dan Teknik (Bandung: Tarsito, 1985), Edisi ke 7 hal. 139-141

Zaki al-Mushtafa dan Yasir Mahmud Hafi ‘Taqwim Umm al-Qura al-Taqwim al-Mu’tamad fi al-Mamlakah al-Arabiyah al-Su’udiyah’, http//www.icoproject.org/pdf/al-Mustafa Hafize 2001.pdf, akses tanggal 1 Oktober 2021

http://rukyatulhilal.org/kalender.html, akses tanggal 10 Juni 2020.

Downloads

Published

2023-06-10

How to Cite

Zaman, Q. (2023). KALENDER ISLAM INTERNASIONAL (Analisis Terhadap Sistem Kalender Unifikasi Jamaludin Abd. Raziq). UNIVERSUM: Jurnal Keislaman Dan Kebudayaan, 17(1). https://doi.org/10.30762/universum.v17i1.982

Issue

Section

Articles