MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BOWLING KALENG
DOI:
https://doi.org/10.30762/universum.v10i01.741Keywords:
Kemampuan berhitung, Anak usia dini, Permainan Bowling KalengAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan
Bowling Kaleng. Berhitung adalah kemampuan setiap anak dalam matematika seperti menyebutkan
angka-angka atau menghitung dan mengetahui angka. Mengembangkan kemampuan berhitung anak
usia dini dapat dilakukan melalui permainan. Hal ini akan lebih efektif karena dunia anak adalah
dunia bermain, di mana permainan Bowling Kaleng adalah salah satunya. Penelitian ini dilaksanakan
terhadap 30 anak di kelompok B TK Dharma Wanita Gogorante, Kediri. Usia mereka antara 5-6 tahun,
terdiri dari 16 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Metode yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas dalam 2 putaran. Setiap putaran terdiri dari empat fase; perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada awal bulan Januari 2016. Hasil penelitian
mengindikasikan bahwa pembelajaran melalui permainan Bowling Kaleng dapat meningkatkan
kemampuan berhitung anak. Rata-rata kemampuan anak untuk menghitung, menambah, dan
mengurangi bertambah di akhir putaran. Melalui permainan ini, anak belajar untuk berhitung objek
nyata yang mereka sukai dalam atmosfer yang menyenangkan dan nyaman.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2022-11-29 (2)
- 2022-11-28 (1)