ANALISIS KEPUASAN PENGGUNAAN BLACKBERRY MESSENGER (BBM) DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH BANDARKIDUL MOJOROTO KOTA KEDIRI

Authors

  • Briant Nor Pradhuka STAIN Kediri
  • Prima Ayu Rizqi Mahanani STAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/mediakita.v1i1.534

Keywords:

Analisis Kepuasan, , Blackberry Messenger (BBM)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motif (Gratification Sought) dan kepuasan
(Gratification Obtained) dalam menggunakan aplikasi Blackberry messenger (BBM) di kalangan santri
Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandar Kidul Mojoroto Kota Kediri. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei dan dengan alat bantu kuesioner. Responden dari penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandar Kidul Mojoroto Kota Kediri yang menggunakan Blackberry messenger (BBM) dengan jumlah sampel 75 dari 174 populasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik sampling purposive. Data dari hasil kuesioner kemudian dimasukkan ke dalam coding sheet secara manual dan diinterpretasikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motif (GS) santri Pondok Pesantren Al-Ishlah Kota Kediri dalam menggunakan Blackberry Messenger (BBM) memiliki tingkatan motif informasi sebesar
50,7% termasuk dalam kategori tinggi, motif identitas pribadi 37,3% kategori sedang, motif integrasi dan
interaksi sosial 6,7% kategori sangat tinggi, motif hiburan 2,7% kategori rendah dan 2,7% kategori sangat
rendah pada setiap indikator. Sedangkan kepuasan yang diperoleh (GO) santri Pondok Pesantren AlIshlah Kota Kediri dalam penggunaan aplikasi ini juga memiliki tingkat kepuasan 57,3% dalam kategori
tinggi pada indikator kepuasan informasi, 32% kategori sedang pada indikator kepuasan identitas pribadi,
5,3% kategori rendah pada indikator kepuasan integrasi dan interaksi sosial, 2,7% kategori sangat tinggi
pada indikator kepuasan hiburan dan 2,7% kategori sangat rendah pada setiap masing-masing indikator.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Burhan Bungin, M. Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana, 2014.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES, 2011.

Effendi, Sofian dan Tukiran, Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES, 2012.

Hamidi. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi Pendekatan Praktis Penulisan Proposal dan LaporanPenelitian. Malang: UMM Press, 2007.

Idrus, Muhammad. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga, 2009.

Kriyantono, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group, 2009.

Morissan. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Nur Kholidi, Fauzi dan Rahmat Hadi Santoso. Pondok Pesantren Al-Ishlah Dan Perkembangannya Dalam Setengah Abad. Kediri: Panitia Peringatan Setengah Abad Pondok Pesantren Al-Ishlah, 2010.

P. Winarso, Heru. Sosiologi Komunikasi Massa. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2005.

Qomar, Mujamil. Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga, 2007.

Rakhmat, Jalaluddin. Metode penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya, 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta, 2013.

---------, Statiska untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2013.

Taufiqa Candra, Dendy. Panduan Praktis BlackBerry Untuk Pemula. Jakarta: Buku Pintar, 2012.

Online“BlackBerry Messenger”. Wikipedia bahasa Indonesia (online), (http://www.id.wikipedia.org/ wiki/BlackBerry_

Messenger, diakses tanggal 30 November 2014).

Galih, Dimas. “Ericsson: Blackberry Messenger Masih Nomor 1 di Indonesia”. JagatReview.com (online), (http://www.

jagatreview.com/2015/06/blackberrymessengermasih-nomor-1-diindonesia/, diakses tanggal 25 Agustus

.

Nugroho Adi, Tri. ”Motif dan Kepuasan Penggunaan Media”. Sinau Komunikasi (online), http://www.sinaukomunikasi.wordpress.com/2012/12/23/motif-dankepuasan-penggunaan-media/, diakses

tanggal 14 September 2016).

Oik. “BlackBerry Messenger Masih Juara di Indonesia”. TeknoKompas.com (online), (http://www.tekno.kompas.com /read/2014/06/12/0752254/blackberry.messenger.masih.juara.di.indonesia, diakses tanggal 25 Agustus 2015).

“Teknologi Komunikasi”. Wikipedia bahasa Indonesia (online), http://www.id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_

Komunikasi, diakses tanggal 01 Septeber 2016).

Templatoid. “Pengertian Informasi Definisi Menurut Para Ahli Fungsi dan Kebutuhan”. Makalah Landasan Teori (online), (http:// http://www.landasanteori.com/2015/08/pengertian-informasi-definisi-menurut.html, diakses 14 September 2016).

Riset Agustina, Shinta. “Tingkat Kepuasan Pengguna Blackberry Messenger (BBM) pada IOS dan Android di Kalangan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Lampung”. Skripsi tidak diterbitkan. FISIP Universitas Lampung, 2015.

Ayu Masyitoh, Wihda. “Penggunaan Blackberry sebagai Sarana Akses Informasi di Kalangan Mahasiswa (Studi Deskriptif mengenai Pengguna Blackberry sebagai Sarana Akses Informasi di Kalangan Mahasiswa FISIP

Universitas Airlangga Surabaya)”. Jurnal diterbitkan. Surabaya: FISIP Universitas Airlangga Surabaya, 2013.

Firmaharani Mahfudhoh, Lulut. “Efektifitas Komunikasi Interpersonal Antara Pengasuh dengan Santri (Studi Kasus

di Pondok Pesantren Al-Amin Ngasinan Rjomulyo Kediri)”. Skripsi tidak diterbitkan. Komunikasi dan Penyiaran

Islam, Ushuluddin dan Ilmu Sosial, STAIN Kediri, 2012.

Kurnia, Novi. “Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi terhadap Teori Komunikasi”. Jurnal

diterbitkan. Desember 2005.

Taufiq Kholil, Mochamad. “Kesenjangan Kepuasan Khalayak Dalam Menonton Mamah Dedeh dan Aa’ Beraksi Di

Indosiar Dan Islam Itu Indah Di Trans TV (Studi pada Ibu Rumah Tangga di Desa Nglawak, Kecamatan Kertosono,

Kabupaten Nganjuk)”. Skripsi tidak diterbitkan. Komunikasi dan Penyiaran Islam, Ushuluddin dan Ilmu Sosial, STAIN

Kediri, 2014

Downloads

Published

2017-01-22

How to Cite

Briant Nor Pradhuka, & Prima Ayu Rizqi Mahanani. (2017). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNAAN BLACKBERRY MESSENGER (BBM) DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH BANDARKIDUL MOJOROTO KOTA KEDIRI . Jurnal Mediakita : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(1), 1–25. https://doi.org/10.30762/mediakita.v1i1.534