A Da'wah Activities of Kiai K.H Chaidar Idris's Instilling Political Awareness in Wonosobo Society

Authors

  • Khoirun Nasbi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30762/mediakita.v6i2.481

Keywords:

Pemilu,, Kiai, Wonosobo, Golput

Abstract

Peran sosok seorang Kiai menarik untuk di tinjau karena Kiai memiliki kompleksitas dalam cara pandang berpolitik. Diharapkan dengan adanya kiai mempunyai pengaruh yang besar dan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut serta memilih pemimpin yang dapat membimbing dalam setiap kebijakannya. Kabupaten Wonosobo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, memiliki penduduk yang mayoritas beragama Islam. Dengan mayoritas beragama Islam maka budaya Islam mempengaruhi kehidupan masyarakatnya. Dengan pengaruh budaya Islam yang besar ini, telah memengaruhi kepatuhan dan kepercayaan masyarakat kepada salah satu kepemimpinan yaitu kiai. Kiai lebih dipercaya dan dipatuhi oleh masyarakat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Selain menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, peneliti juga memakai teknik pengumpulan data melalui observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan. Peranan Kiai K.H Chaidar Idris untuk dapat meningkatkan kesadaran masyarakat berpolitik dalam rangka menyongsong pemilu ditahun 2024 dengan aktifitas-aktifitas pendekatan terhadap para santri dan masyarakat. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh K.H Chaidar Idris diantara lain yakni menjadi imam masjid, melakukan kajian kuliah Subuh, serta menjalankan  kegiatan diskusi.  K.H Chaidar Idris tidak lupa menyisipkan ajakan untuk tidak melakukan Golput atau golongan putih pada beberapa isi ceramahnya. Dimana merupakan sebagai bentuk implementasi untuk menyadarkan warga masyarakat di Kabupaten Wonosobo untuk berpartisipasi dalam berpolitik terutama akan mendekati pemilihan umum tahun 2024.

References

Akhmad Fitra Fatkhul Rokhmansyah. (2022). Efektifitas Komunikasi Interpersonal Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga Pasangan Beda Agama Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Jurnal Media Kita : Komunikasi Penyiaran Islam.

Bahri, F. (2008). Meniti Jalan Dakwah, Bekal PerjuanganPara Da’I. Amzah.

Eskspress, M. (2022). Pilkada Wonosobo 65 Ribu Golput. https://magelangekspres.com/pilkada-wonosobo-65-ribu-golput/

Griffin, E. (2006). A First Look At Communication Theory. McGraw-Hill.

H. M. Najib, Novan Ardy Wiyani, S. (2010). Manajemen Masjid Sekolah Sebagai Laboraturium Pendidikan Karakter Konsep dan Impelementasinya Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya. CV Penerbit Di Ponegoro.

Haerozi. (2022). Peran Komunikasi Dalam Difusi Inovasi Usaha Barang Bekas Di Desa Pengadang. Jurnal Media Kita : Komunikasi Penyiaran Islam.

Hidayat, A. (2020). Manfaat Pelaksanaan Pemilu untuk Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ilmu Politik.

Munawwir, D. E. I. (1979). Asas-Asas Kepemimpinan Dalam Islam. Usaha Nasional.

Nurhalizah, M. E. (2022). Strategi Dakwah Gerakan Nurcu Pada Masa Pemerintahan Recep Tayyip Erdogan. Jurnal Media Kita : Komunikasi Penyiaran Islam.

Owie, A. A. (2022). Tesis : “Komunikasi Profetik Pada Pementasan Tiga Bayangan Teater ESKA Tahun 2021.” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pimay, A. (2006). Metodologi Dakwah Kajian Teoritis Dan Khazanah Keilmuan (cetakan 1). Rasail.

Sardini, N. H. (2011). Restorasi penyelenggaraan pemilu di Indonesia. Fajar Media Press.

Sarwono Sarlito Wirawan. (2006). Psikologi Remaja. Rajawali Perss.

Satroatmojo, S. (1995). Perilaku Politik. IKIP Semarang Press.

Setiawan, N. (2020). Metode Dakwah Silaturahmi Ke Rumah Warga Oleh Pendakwah Mualaf. Jurnal Al Hikmah : Jurnal Dakwah.

Siahaan, M. R., Isnaini, I., & ... (2021). Peran Badan Pengawas Pemilu dalam Penanganan Tindak Pidana Pemilu di Kabupaten Simalungun. Journal of Education …. http://www.mahesainstitute.web.id/ojs2/index.php/jehss/article/view/881

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. CV Alfabeta.

Suhandang, K. (2013). Ilmu Dakwah Perspektif Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.

Suherman, E. (2012). Manajemen Masjid. Alpabeta.

Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Supriadi, S. S. (2022). Peran Kepala Madrasah dan Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Melalui Pusat Informasi Komunikasi Remaja (PIK R). Coution: Journal of Counseling …. http://www.journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/coution/article/view/883

Turmudi, E. (2003). Perselingkuhan Kiai dan Kekuasaan. LKIS Pelangi Aksara.

Wonosobo, B. K. (n.d.). Indikator Kesejahteraan Kabupaten Wonosobo 2020. https://wonosobokab.bps.go.id/publication.html

Zuhaily, W. al. (2006). al-Fiqhul Islamy Wa Adillatuhu, Terjemahan. CV Pustaka Media Utama.

Downloads

Published

2023-01-06

How to Cite

Nasbi, K. (2023). A Da’wah Activities of Kiai K.H Chaidar Idris’s Instilling Political Awareness in Wonosobo Society. Jurnal Mediakita : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(2), 236–249. https://doi.org/10.30762/mediakita.v6i2.481