Strategi Pengembangan Produk Kajian Tafsir Kontemporer Pesantren Udara 14.2690 MHz

Authors

  • Luqman Kurniawan STID Al Hadid Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30762/mediakita.v6i2.195

Keywords:

Pengembangan Produk, Produk kajian,, Kajian Tafsir Kontemporer,

Abstract

Produk kajian menjadi aspek fundamental dalam kesuksesan proses dakwah. Kualitas produk kajian perlu dikelola dengan strategi pengembangan karena menentukan sejauh mana umat menerima hingga mau menerapkan nilai-nilai Islam secara konsisten. Dalam dakwah terdapat variasi produk kajian Islam dengan berbagai media untuk menarik minat jamaah mendalami Islam. Salah satunya adalah kajian tafsir kontemporer oleh Pesantren Udara 14.2690 MHz dengan media radio amatir. Kajian ini mengalami proses evolusi produk dalam kurun waktu yang lama dan memiliki jamaah loyal yang heterogen dari berbagai daerah di Indonesia dengan latar pendidikan, ekonomi, sosial, kelompok Islam yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi pengembangan produk kajian tafsir kontemporer oleh Pesantren Udara 14.2690 MHz, menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penggalian data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi sebagai penunjang. Proses analisis dilakukan berdasarkan teori pengembangan produk sequential model Fandy Tjiptono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan produk kajian tafsir kontemporer dilakukan dalam beberapa tahap memiliki kesesuaian dengan teori pengembangan produk sequential model Fandy Tjiptono meskipun di tahap tertentu terdapat keunikan yang dilakukan pengasuh Pesantren Udara 14.2690 MHz pada tahap pemunculan ide, penyaringan ide, pengujian produk dan komersialisasi. Sejak tahap awal hingga akhir, pengasuh banyak melibatkan jamaah yang mengikuti kajian, khususnya jamaah yang sudah loyal atau aktif mengikuti kajian.

References

Alkurni, Wais, Sri Zuliarni. (2015). Analisis Proses Pengembangan Produk Baru Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Bisnis, Jurnal FISIP Universitas Riau Vol. 1 No. 2, 2015.

Anshari, Hafi. (1993). Pemahaman dan Pengamalan Dakwah, Surabaya : Al-Ikhlas.

Aziz, Moh. Ali. (2009). Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Cangara, Hafied. (2000). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Faiz, Farhan, Bashori Alwi. (2021). Konsepsi Pengembangan Materi Dakwah Terintegrasi Berlandaskan Logika dan Ilmu Matematika, Jurnal Al I’lam Universitas Muhammadiyah Mataram, Vol. 4 No. 2.

Farida. (2013) Strategi Pengembangan Materi Dakwah Tokoh Agama Di Desa Loram Wetan (Tinjauan Psikologis Mad’u), Jurnal At Tabsyr, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Kudus, Vol. 1 No.1.

Hariandja, Evo Sampetua. (2009) Analisis Proses Pengembangan Produk Baru Berdasarkan Kinerja R&D di PT. Bio Farma, Bandung, Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi IX Program Studi MMT-ITS Surabaya.

Kotler, Philip, Gary Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta : Erlangga.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Rosda.

Poerwodarminta, WJS. (1985). Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.

Rihartono, Siantari. (2015). Strategi Pengelolaan Radio Siaran di Tengah-Tengah Perkembangan Teknologi Internet, Jurnal Komunikasi Profetik Vol. 08 No. 02.

Shihab, M. Quraish. (1995). Membumikan al-Qur’an, Bandung: Mizan.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta, 2015.

Syukir, Asmuni. Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, Surabaya: Al-Ikhlas.

Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra, Dadi Adriana. (2008) Pemasaran Strategik, Yogyakarta : Penerbit Andi.

Wawancara dengan Drs. KH. Moch. Sholeh. (2017). Troloyo, Mojokerto.

Wijaya, Wirawan Surya, Ronny H. Mustamu. (2013). Analisis Pengembangan Produk Pada Perusahaan Tepung Terigu di Surabaya, Jurnal AGORA Universitas Petra Surabaya Vol. 1 No. 1.

Yudhawijaya, Krismonalisa Sukma. (2020). Pengembangan Organisasi Amatir Radio Indonesia Pusat Tahun 1968-2006, Skripsi: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang.

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Kurniawan, L. (2022). Strategi Pengembangan Produk Kajian Tafsir Kontemporer Pesantren Udara 14.2690 MHz. Jurnal Mediakita : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(2), 170–182. https://doi.org/10.30762/mediakita.v6i2.195