This is an outdated version published on 2022-11-28. Read the most recent version.

POLA RELASI PATRON KLIEN DI PESANTREN DARUL FIKRI MALANG

Authors

  • Eko Setiawan Alumnus Pascasarjana Sosiologi Universitas Brawijaya Malang.

DOI:

https://doi.org/10.30762/universum.v10i01.744

Keywords:

relasi, patron-klien, pesantren

Abstract

Hubungan antara patron-klien (kiai-santri) berdasarkan hubungan yang tidak setara, karena itu
merefleksikan perbedaan status. Santri menerima banyak pelayanan dari kiai sehingga santri terikat
dan tergantung kepada kiai. Hubungan kiai-santri adalah personal. Pola keterkaitan personal antara
kiai dan santri menciptakan rasa percaya dan tergantung pada mekanisme hubungan. Hal itu bisa
dilihat dari budaya penghormatan santri kepada kiai yang cenderung menjadi pemuja. Kiai meluas,
fleksibel dan tidak terbatas oleh waktu. Hubungan kiai-santri menempatkan kiai pada posisi yang
tinggi, berpengaruh, dan berkuasa di depan santri. Sedangkan santri harus mentaati kiai.

Downloads

Published

2022-11-28

Versions

How to Cite

Eko Setiawan. (2022). POLA RELASI PATRON KLIEN DI PESANTREN DARUL FIKRI MALANG. UNIVERSUM: Jurnal Keislaman Dan Kebudayaan, 10(01), 13–23. https://doi.org/10.30762/universum.v10i01.744