POLA RELASI PATRON KLIEN DI PESANTREN DARUL FIKRI MALANG
DOI:
https://doi.org/10.30762/universum.v10i01.744Keywords:
relasi, patron-klien, pesantrenAbstract
Hubungan antara patron-klien (kiai-santri) berdasarkan hubungan yang tidak setara, karena itu
merefleksikan perbedaan status. Santri menerima banyak pelayanan dari kiai sehingga santri terikat
dan tergantung kepada kiai. Hubungan kiai-santri adalah personal. Pola keterkaitan personal antara
kiai dan santri menciptakan rasa percaya dan tergantung pada mekanisme hubungan. Hal itu bisa
dilihat dari budaya penghormatan santri kepada kiai yang cenderung menjadi pemuja. Kiai meluas,
fleksibel dan tidak terbatas oleh waktu. Hubungan kiai-santri menempatkan kiai pada posisi yang
tinggi, berpengaruh, dan berkuasa di depan santri. Sedangkan santri harus mentaati kiai.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2022-11-29 (2)
- 2022-11-28 (1)