Tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah Al-Aminiyah di Paciran

Authors

  • Muhamad Alan Al Farisi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30762/spiritualita.v8i1.1179

Keywords:

Kadirun Yahya, Naqsyabandiyah Khalidiyah, Tarekat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dari tarekat Naqsabqandiyah Khalidiyah jalur Syekh Kadirun Yahya Muhammad Amin dengan tarekat Naqsabandiyah Khalidiuyah jalur lain. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan ragam penelitian lapangan yang mengharuskan peneliti terjun ke lapangan untuk mengobservasi dan mengambil data melalui wawancara ke narasumber. Narasumber utama penelitian ini adalah Ustadz Syafi’ Salam yang merupakan khalifah tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah Al-Aminiyah di Paciran. Beliau lah yang mengimami jama’ah tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah di surau yang terletak di desa Kranji, kecamatan Paciran, kabupaten Lamongan. Penelitian ini menghasilkan pengetahuan baru yang menarik yang membedakan tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah jalur Syekh Kadirun Yahya dengan Naqsabandiyah Khalidiyah jalur lain. Perbedaan yang mencolok yang membedakan tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah Syekh Kadirun Yahya adalah Penggunaan ilmu eksakta untuk menyebarkan dan menjelaskan tarekat, mursyid, dan wasilah. Di samping itu,  penguatan ajaran nasionalisme dan ukhuwah Islamiyah yang berdasarkan syariat Islam juga dikembangkan. Tarekat ini juga mengajarkan para pengikutnya untuk mengutamakan  dakwah dengan keteladanan.

References

Badrudin, Akhlak Tasawuf. Serang: IAIB Press, 2015.

Bruinessen, Martin Van. Kitab Kuning Pesantren dan Tarekat. Bandung: Mizan, 1999.

Dimyati, Ahmad. Dakwah Personal: Model Dakwah Kaum Naqsabandiyah. Yogyakarta: Deepublish, 2016

Nur, Djamaan. Tasawuf dan Tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah Pimpinan Prof. DR. H. Saidi Syekh Kadirun Yahya. Medan: USU Press, 2022.

Siregar, Lindung Hidayat. “Sejarah Tarekat dan Dinamika Sosial”, Miqot, Vol. 33, No. 2. Juli-Desember, 2009.

Sumber Wawancara:

Salam, Syafi’. Wawancara, Lamongan, 29 Juli, 2022.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Muhamad Alan Al Farisi. (2024). Tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah Al-Aminiyah di Paciran . Spiritualita, 8(1), 47–63. https://doi.org/10.30762/spiritualita.v8i1.1179

Issue

Section

Articles