Pengaruh Dukungan Keluarga terhadap Minat Baca Siswa Kelas IX MTs Nurul Islam Kota Kediri

Authors

  • Endang Fitraloka Prodi Psikologi Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
  • Rini Risnawita Suminta Prodi Psikologi Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
  • Dewi Hamidah Prodi Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/happiness.v6i2.490

Keywords:

Dukungan Keluarga, Minat Baca

Abstract

This study aims to determine the effect of family support on reading interest in class IX MTs Nurul Islam, Kediri. This study uses a quantitative approach. The sample in this study were 57 respondents. The sampling technique uses non-probability sampling in the form of purposive sampling. The research data analysis was carried out using linear regression analysis. Based on the results of research on family support for reading interest in class IX MTs Nurul Islam, Kediri, namely: the level of family support is in the moderate category and the level of students' reading interest is in the moderate category. Based on the results of the regression analysis, a sufficient/moderate (positive) relationship was obtained between family support and reading interest with a coefficient of determination of 20.9%. Thus it can be said that the influence of reading interest is influenced by family support by 20.9%, while the remaining 79.1% is influenced by other factors.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adzim, M. F.(2007). Membuat Anak Gila Membaca. Bandung : Mizania.

Ama, R. G. T. & Widyana, R. (2021). Konsep diri membaca dan minat baca pada siswa sekolah dasar. Cognicia, 9(1), 6–10. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.14882.

Ambari. (2010). Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Keberfungsian Sosial pada Pasien Skizofernia Pasca Perawatan di Rumah Sakit, Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Andha, H. D. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga dan Kesejahteraan Psikologi pada Ibu Pekerja Penuh Waktu. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya,

Astini, S. W., & Nugroho, E. C. (2012). Hubungan pola asuh orang tua terhadap minat baca siswa-siswa berprestasi SMK Sakti Gemolong Kabupaten Sragen. Dk, 1(1), 1–9.

Bunata, M. (2004). Mendongeng dan Minat Membaca. Malang: IKIP Malang.

Bungin, B. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Prenada Media.

Dhieni, N. (2007). Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka.

Ernawati, Y. (2012). Hubungan Dukungan Sosial dengan Kepercayaan Diri pada Masa Kanak-Kanak Akhir di Sekolah Dasar Negeri Jember Lor. I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(1).

Hajar, I. (1996). Dasar-dasar Metodelogi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Kodel, M. (2018). Rendahnya Minat Baca di Kalangan Remaja. Kompasiana.com, http://www.kompasiana.com, 12 Desember 2018. Diakses tanggal 11 April 2019.

Metia, C., & Zahara, F. (2012). Hubungan dukungan sosial orangtua dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar. In Jurnal Analitika: Vol. IV (pp. 16–23).

Pitaloka, P. P. (2018). Memupuk minat baca anak. IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), 12(2), 26. https://doi.org/10.30829/iqra.v12i2.3981.

Rahim, F. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Cet. II. Jakarta: Bumi Aksara.

Ramadhan, H. R. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Minat Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Minomartani 6 . Skripsi. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Saleh, A. R. (2008). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.

Sandjaja, S. (2001). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau dari Pendekatan Stres Lingkungan. Psikodimensia Kajian Ilmiah Psikologi, 2(1), 17-25.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health Psychology Biopsychosocial Interactions.

Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta : Grasindo.

Soehartono, I. (2005). Metode Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: UII Press.

Sudarsana, U. dan Bastiano. (2010). Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbukau.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suniasih, N. W. (2019). Motivasi belajar dan dukungan Orang tua kontribusinya terhadap minat baca siswa kelas V. Seminar Nasional INOBALI, 734–745.

Susanti, N. T., & Widyana, R. (2022). Pengaruh Konsep Diri Membaca dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Minat Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 708-722.

Tamtamalangi, G. L. (2014). Pengaruh Dukungan Keluarga dan Kelengkapan Fasilitas Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akutansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2012. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Widyawati, T. (2011). Dukungan Orang Tua dan sikap terhadap Membaca Kaitannya dengan Minat Membaca pada Siswa/Siswi MTs Pembangunan UIN Jakarta. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Wilastri, D. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Minat Baca pada Siswa SMPN 16 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Wulandari, N. (2010). Hubungan antara dukungan orang tua dalam belajar membaca dengan kemampuan membaca siswa kelas 2 SDN Bakti Jaya Depok. Skripsi. Fakultas Psikologi UIN Jakarta.

Widyawati, T. (2011). Dukungan orang tua dan sikap terhadap membaca kaitannya dengan minat membaca pada siswa/siswi MTs Pembangunan UIN Jakarta. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Wulansari, N. (2010). Hubungan Antara Dukungan Orang Tua dalam Belajar Membaca Dengan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 SDN Bakti Jaya 3 Depok. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Fitraloka, E. ., Suminta, R. R. ., & Hamidah, D. (2022). Pengaruh Dukungan Keluarga terhadap Minat Baca Siswa Kelas IX MTs Nurul Islam Kota Kediri. Happiness: Journal of Psychology and Islamic Science, 6(2), 137–146. https://doi.org/10.30762/happiness.v6i2.490

Issue

Section

Articles