Hubungan Literasi Digital, Regulasi Diri Dengan Produktivitas Dosen Di Kota Kediri Dalam Situasi Normal Baru

Authors

  • Arisa Rahmawati Zakiyah Prodi Psikologi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Fatma Puri Sayekti Prodi Psikologi Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/happiness.v6i1.478

Keywords:

Literasi digital, regulasi diri, produktivitas dosen, situasi normal baru.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi digital, regulasi diri dengan produktivitas dosen di Kota Kediri dalam situasi normal baru. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling dan didapatkan sampel sebesar 111 orang. Teknik analisis menggunakan korelasi berganda. Pada uji hipotesis mayor dianalisis menggunakan regresi dan didapatkan nilai sig 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil pada model summary menunjukkan skor R 0,861, jika skor R mendekati 1 dikatakan hubungan antar variabel tergolong kuat. Dapat disimpulkan, hipotesis mayor terbukti bahwa ada hubungan kuat antara literasi digital, regulasi diri dengan produktivitas dosen. Pada uji hipotesis minor dianalisis menggunakan korelasi product moment didapatkan nilai sig 0,000 < 0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0,487 artinya ada hubungan antara literasi digital dengan produktivitas dosen. Selanjutnya, didapatkan 0,000 < 0,05 dengan koefisien korelasi 0,858 artinya ada hubungan positif antara regulasi diri dengan produktivitas dosen. Terdapat sumbangan efektif literasi digital dan regulasi diri terhadap produktivitas dosen sebesar 74,2%. Dengan demikian, dosen yang memiliki literasi digital dan regulasi diri dalam situasi normal baru mampu menunjukkan produktivitas kerja, sehingga pemahaman terhadap teknologi dan pengelolaan diri secara efektif berperan penting terhadap pencapaian produktivitas kerja dalam situasi normal baru.

Kata Kunci: Literasi digital, regulasi diri, produktivitas dosen, situasi normal baru. 

References

Aprison, W. (2018). Studi tentang produktivitas dosen (Pengaruh persepsi motivasi, iklim kerja, dan kepemimpinan terhadap produktivitas dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bukittinggi). Bandarlampung: Pusaka Media.

Arifin, S., Sukmawidjaya, M. (2020). Technology Transformation and Its Impact on Lecturer’s Performance. JPI, Vol. 9 No. 1. DOI: 10.23887/jpi-undiksha.v9i1.24372. p-ISSN: 2303-288X, e-ISSN: 2541-7207.

Asmus, S., Karl, F., Mohnen, A., Reinhart, G. (2015). The impact of goal-setting on worker performance - empirical evidence from a real-effort production experiment. 12th Global Conference on Sustainable Manufacturing. Elsevier: Procedia CIRP 26. 127 – 132.

Asyari. 2022. Belenggu Produktivitas Dosen. https://www.kompas.id/baca/opini/2022/06/14/belenggu-produktivitas-dosen utm_source=kompasid&utm_medium=bannerregister_meteredpaywall&utm_campaign=metered_paywall&utm_content=https%3A%2F%2Fwww.kompas.id%2Fbaca%2Fopini%2F2022%2F06%2F14%2Fbelenggu-produktivitas-dosen&status=sukses_login&status_login=login (diakses 20 Juli 2022).

Bandura. 2011. Social Learning Theory. Prentice-Hall.

Boshuizen, H., Vermunt, J. (2005). Self regulation in higher education teacher learning. Springer: Higher Education (2005) 50: 447–471. DOI 10.1007/s10734-004-6362-0.

Candy, P.C. (1991). Self-direction for Lifelong Learning. A Comprehensive Guide to Theory and Practice. San Francisco: Jossey-Bass.

Dabbagh, N., Fake, H., Zhang, Z. (2019). Student perspective of technology use for learning in higher education. RIED. Revista Iberoamericana de Educación a Distancia, vol. 22, núm. 1.

Ferrari, A. (2012). Digital competence in practice: An analysis of frameworks. Luxembourg: Publications Office of the European Union.

Gol, A. K., Royaei, N. (2013). EFL Teachers' Self-regulation and Job Performance. ACADEMY PUBLISHER Manufactured in Finland. Theory and Practice in Language Studies, Vol. 3, No. 10. Doi:10.4304/tpls.3.10.1855-1861.

Istambul, M. R. (2019). The Impact of I-Performance in Changing the Work Culture of Lecturers to Increase the Productivity of Three Pillars (Tri Dharma) of Higher Education in Indonesia. Universal Journal of Educational Research 7(4A): 15-21. DOI: 10.13189/ujer.2019.071403

Larasati, C., (2019). Baru 20 Perguruan Tinggi Terapkan e-learning. https://www.medcom.id/pendidikan/ne ws-pendidikan/8kowxwWk-baru-20- perguruan-tinggi-terapkan-e-learning. (diakses pada 29 Juli 2022).

Locke, E. A., & Latham, G. P. (1990). A theory of goal setting and task performance. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Martin. A. (2008). Digital competence-from education policy to pedagogy: The Norwegian context. Jurnal digital literacies: Concepts, policies, and pratices. Vol.30.

MPR: Waspadai turunnya kualitas pendidikan selama pandemi. https://www.mpr.go.id/berita/detail/mpr-waspadai-turunnya-kualitas-pendidikan-selama-pandemi (diakses 10 Juli 2022)

Nurjanah. E., Rusmana. A., Yanto. A. (2017). Hubungan literasi digital dengan kualitas penggunaan e-resources. Jurnal pendidikan. Bandung: Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. https://pddikti.kemdikbud.go.id/,diakses pada tanggal 14 Agustus 2021, 09.00.

Salju. Anwar, S.M. (2020). Melentingkan kinerja dosen di era digital melalui motivasi, kepribadian dan kepemimpinan. Banten: CV. AA. Rizky.

Shannon, S. (2017) Teacher Perceptions of Digital Literacy in an L2 Classroom. Retrieved from: https://muep.mau.se/ bitstream/handle/2043/23380/EnesThesis90%20BS.pdf?se quence=2

Sedarmayanti. 2009. Sumbar Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju, cet. ke-3.

Seijts, G., Taylor, L., Latham, G. P. (1998). Enhancing teaching performance through goal setting, implementation and seeking feedback. International Journal for Academic Development 3(2):156-168. DOI:10.1080/1360144980030208

Seri gerakan literasi masyarakat, literasi digital: Konsep, pengembangan, dan praktik di masyarakat. (2019). Jakarta: Direktorat Pembinaan dan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. hal. 3.

Simamora. (2004). Human Resource Management (in Indonesia. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Sinungan, M. (2013). Produktivitas apa dan bagaimana. Cetakan ke-9. Jakarta: Bumi Aksara.

Utama, I., Sagala, S., Sitompul, H. (2017). The effect of lecturer competence on work productivity of private higher education lecturer in Aceh. 2nd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership. Atlantis Press: Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 104.

Utami, S. P. T. (2020). Membidik ketuntasan tri dharma dalam ruang virtual. https://unnes.ac.id/gagasan/membidik-ketuntasan-tri-dharma-dalam-ruang-virtual. (Diakses pada tanggal 31 Juli 2022)

Yazon, A. D., Manaig, K. A., Buama, C.A.C., Tesoro, J. F.B. (2019). Digital literacy, digital competence and research productivity of educatos. Universal Journal of Educational Research 7 (8). DOI: 10.13189/ujer.2019.070812

Zimmerman, B. J. (1989). Models of self-regulated learning and academic achievement. New York: Springer.

Zimmerman, B. J. (2000). Attaining self-regulation: A social cognitive perspective. New York: University of New York.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Rahmawati Zakiyah, A., & Puri Sayekti , F. . (2022). Hubungan Literasi Digital, Regulasi Diri Dengan Produktivitas Dosen Di Kota Kediri Dalam Situasi Normal Baru . Happiness: Journal of Psychology and Islamic Science, 6(1), 45–58. https://doi.org/10.30762/happiness.v6i1.478

Issue

Section

Articles