Hubungan Minat Belajar dan Kualitas Hidup Anak Jalanan di Bangkalan

Authors

  • Nailur Rohmah Prodi Psikologi, Universitas Trunojoyo Madura
  • Netty Herawati Prodi Psikologi, Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.30762/happiness.v6i1.477

Keywords:

Minat Belajar, Kualitas Hidup

Abstract

Keberadaan anak jalanan, memang akan selalu menjadi PR bagi beberapa pihak, termasuk didalamnya adalah pemerintah itu sendiri. Data terakhir pada bulan November 2019, menunjukkan masih ada 12.000-an anak jalanan, dimana jumlah ini tetaplah bukan jumlah yang sedikit. Banyaknya anak jalanan di beberapa sudut jalanan memang tidak akan terlepas dari belitan permasalahan yang paling utama, yaitu: permasalahan ekonomi. Rendahnya kemampuan ekonomi keluarga akan berdampak pula pada pemenuhan  kebutuhan pendidikan bagi anak-anak yang tidak lagi menjadi prioritas utama untuk dipenuhi, karena kebutuhan dasar mereka untuk  hidup (makan) saja, belum dapat dipenuhi. Penelitian dengan metode kuantitatif ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara minat belajar dan kualitas hidup anak jalanan di kabupaten Bangkalan. Penelitian ini menggunakan 2 skala penelitian sesuai dengan 2 variabel yang diangkat dalam penelitian ini, yaitu: skala minat belajar dan skala kualitas hidup. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 43 anak jalanan yang beroperasi di Kabupaten Bangkalan. Analisis data menggunakan software SPSS, untuk menguji hipotesa dilakukan dengan uji korelasi product moment. Nilai koefisien korelasi sebesar -.340 dengan signifikansi 0.000,  artinya terdapat korelasi negative antara  minat belajar dan kualitas hidup pada anak jalanan di Bangkalan. Artinya hubungan yang signifikan bersifat tidak searah antara minat belajar dan kualitas hidup. Arah hubungan negative menunjukkan bahwa minat belajar yang tinggi tidak  menunjukkan kualitas hidup yang tinggi, begitu pula sebaliknya.

 

Kata kunci : Minat Belajar, Kualitas Hidup

References

Abror, Rachman. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. PT. Tiara Wacana Yogyakarta.

Ahmadi, Abu. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta. Rineka Cipta

Darwan, Darwan., Ulfa, M.S.M. (2012). Pernedaan Minat Belajar Siswa antara yang Menggunakan Alat Peraga dengan yang Tidak Menggunakan Alat Peraga pada mata pelajaran Matematika di MTs Al Washilah Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching. DOI: 10.24235/eduma.vlil.280

Hai, Md. (2014). Problems Faced by the Street Children: A Study on Some Selected Places in Dhaka City, Bangladesh. International Journal of Scientific & Technology Research. 3(10): 45-56. October 2014.

Hakim, T. 2010. Belajar Secara Efektif. Jakarta. Pustaka Pembangunan Swadaya Masyarakat

Jamiludin., Darnawati., Uke, Waode A. S., Irawaty. (2018). Street Children’s Problem in Getting Education: Economic and Parental Factors. Mediterranean Journal of Social Sciences. 9(1). January. Doi: 10.2478/msjj-2018-0010.

Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rajawali Pers.

Latipun, (2004). Psikologi Eksperimen. UMM Pers. Malang

Nirawati, Deska dkk. (2018). Pengaruh Sekolah Anak Jalanan terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Anak Jalanan (Studi Kasus Sekolah Masjid Terminal, Depok, Jawa Barat). Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar

Poerwandari, E Kristi. (2001). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. LPSP3. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Sabri, Alisuf. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Pedoman Ilmu Jaya.Sardiyah, Sardiyah. (2020). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Al- Qalam:Jurnal kajian Islam & Pendidikan. DOI: 10.47435/al- qalam.v7il.187

Senja, Rachim dan Darwis (2015). Pemberdayaan Anak Jalanan Melalui Rumah Perlindungan Anak. Prosiding Riset dan PKM, volume 2.

Singer, Kurt. 1987. Membina Hasrat Belajar di Sekolah. Bandung. Remaja Karya

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Wahab, Rohmalina. (2016). Psikologi Belajar. Rajawali Pers. Jakarta.

Winarsih, Amsri. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Tematik dan Metode Bermain untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Ajar ”Perkalian Bilangan Dua Angka” Siswa Kelas II SDN Dukuhmencek 03 Kabupaten Jember. Jurnal Edukasi. DOI: 10.19184/jukasi.v4il.50

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Rohmah, N., & Herawati, N. (2022). Hubungan Minat Belajar dan Kualitas Hidup Anak Jalanan di Bangkalan. Happiness: Journal of Psychology and Islamic Science, 6(1), 59–65. https://doi.org/10.30762/happiness.v6i1.477

Issue

Section

Articles