Hubungan Minat Belajar dan Kualitas Hidup Anak Jalanan di Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.30762/happiness.v6i1.477Keywords:
Minat Belajar, Kualitas HidupAbstract
Keberadaan anak jalanan, memang akan selalu menjadi PR bagi beberapa pihak, termasuk didalamnya adalah pemerintah itu sendiri. Data terakhir pada bulan November 2019, menunjukkan masih ada 12.000-an anak jalanan, dimana jumlah ini tetaplah bukan jumlah yang sedikit. Banyaknya anak jalanan di beberapa sudut jalanan memang tidak akan terlepas dari belitan permasalahan yang paling utama, yaitu: permasalahan ekonomi. Rendahnya kemampuan ekonomi keluarga akan berdampak pula pada pemenuhan kebutuhan pendidikan bagi anak-anak yang tidak lagi menjadi prioritas utama untuk dipenuhi, karena kebutuhan dasar mereka untuk hidup (makan) saja, belum dapat dipenuhi. Penelitian dengan metode kuantitatif ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara minat belajar dan kualitas hidup anak jalanan di kabupaten Bangkalan. Penelitian ini menggunakan 2 skala penelitian sesuai dengan 2 variabel yang diangkat dalam penelitian ini, yaitu: skala minat belajar dan skala kualitas hidup. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 43 anak jalanan yang beroperasi di Kabupaten Bangkalan. Analisis data menggunakan software SPSS, untuk menguji hipotesa dilakukan dengan uji korelasi product moment. Nilai koefisien korelasi sebesar -.340 dengan signifikansi 0.000, artinya terdapat korelasi negative antara minat belajar dan kualitas hidup pada anak jalanan di Bangkalan. Artinya hubungan yang signifikan bersifat tidak searah antara minat belajar dan kualitas hidup. Arah hubungan negative menunjukkan bahwa minat belajar yang tinggi tidak menunjukkan kualitas hidup yang tinggi, begitu pula sebaliknya.
Kata kunci : Minat Belajar, Kualitas Hidup
Downloads
References
Abror, Rachman. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. PT. Tiara Wacana Yogyakarta.
Ahmadi, Abu. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta. Rineka Cipta
Darwan, Darwan., Ulfa, M.S.M. (2012). Pernedaan Minat Belajar Siswa antara yang Menggunakan Alat Peraga dengan yang Tidak Menggunakan Alat Peraga pada mata pelajaran Matematika di MTs Al Washilah Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching. DOI: 10.24235/eduma.vlil.280
Hai, Md. (2014). Problems Faced by the Street Children: A Study on Some Selected Places in Dhaka City, Bangladesh. International Journal of Scientific & Technology Research. 3(10): 45-56. October 2014.
Hakim, T. 2010. Belajar Secara Efektif. Jakarta. Pustaka Pembangunan Swadaya Masyarakat
Jamiludin., Darnawati., Uke, Waode A. S., Irawaty. (2018). Street Children’s Problem in Getting Education: Economic and Parental Factors. Mediterranean Journal of Social Sciences. 9(1). January. Doi: 10.2478/msjj-2018-0010.
Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rajawali Pers.
Latipun, (2004). Psikologi Eksperimen. UMM Pers. Malang
Nirawati, Deska dkk. (2018). Pengaruh Sekolah Anak Jalanan terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Anak Jalanan (Studi Kasus Sekolah Masjid Terminal, Depok, Jawa Barat). Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar
Poerwandari, E Kristi. (2001). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. LPSP3. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Sabri, Alisuf. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Pedoman Ilmu Jaya.Sardiyah, Sardiyah. (2020). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Al- Qalam:Jurnal kajian Islam & Pendidikan. DOI: 10.47435/al- qalam.v7il.187
Senja, Rachim dan Darwis (2015). Pemberdayaan Anak Jalanan Melalui Rumah Perlindungan Anak. Prosiding Riset dan PKM, volume 2.
Singer, Kurt. 1987. Membina Hasrat Belajar di Sekolah. Bandung. Remaja Karya
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Wahab, Rohmalina. (2016). Psikologi Belajar. Rajawali Pers. Jakarta.
Winarsih, Amsri. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Tematik dan Metode Bermain untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Ajar ”Perkalian Bilangan Dua Angka” Siswa Kelas II SDN Dukuhmencek 03 Kabupaten Jember. Jurnal Edukasi. DOI: 10.19184/jukasi.v4il.50
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nailur Rohmah, Netty Herawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.