Perkembangan Holistik Pada Anak Tunarungu Di Paud It Dan Ra It “Bina Insani” Mojoroto Kota Kediri
DOI:
https://doi.org/10.30762/happiness.v5i1.378Keywords:
perkembangan holistic, tunarunguAbstract
Undang-undang Dasar 1945, negara Indonesia menjamin hak setiap warna negara untuk memperoleh pendidikan, tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus, yaitu anak yang memiliki kemampuan yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya yang disebabkan oleh kemampuan berpikir, kemampuan fisik, emosi dan sosial yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Upaya memberikan pendidikan untuk semua, dikembangkan sekolah inklusi mulai tingkat TK hingga perguruan tinggi. Salah satunya adalah PAUD IT dan RA IT Bina Insani Kota Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan anak berkebutuhan khusus, yaitu tunarungu ketika belajar PAUD IT dan RA IT Bina Insani Kota Kediri. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara orang tua dan guru, protofolio serta melakukan observasi terhadap perilaku anak. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya guru pendamping khusus dan program pembelajaran pribadi yang tepat maka perkembangan anak tunarungu secara holistik tidak berbeda dengan anak normal pada umumnya. Meski untuk kemampuan berkomunikasi masih perlu terus ditingkatkan, terutama dalam penggunaan bahasa isyarat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Novi Wahyu Winastuti, Mila Minzalatul Maula
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.