Perkembangan Holistik Pada Anak Tunarungu Di Paud It Dan Ra It “Bina Insani” Mojoroto Kota Kediri

Authors

  • Novi Wahyu Winastuti Prodi Psikologi Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Mila Minzalatul Maula Prodi Psikologi Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/happiness.v5i1.378

Keywords:

perkembangan holistic, tunarungu

Abstract

Undang-undang Dasar 1945, negara Indonesia menjamin hak setiap warna negara untuk memperoleh pendidikan, tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus, yaitu anak yang memiliki kemampuan yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya yang disebabkan oleh kemampuan berpikir, kemampuan fisik, emosi dan sosial yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Upaya memberikan pendidikan untuk semua, dikembangkan sekolah inklusi mulai tingkat TK hingga perguruan tinggi. Salah satunya adalah PAUD IT dan RA IT Bina Insani Kota Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan anak berkebutuhan khusus, yaitu tunarungu ketika belajar PAUD IT dan RA IT Bina Insani Kota Kediri. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara orang tua dan guru, protofolio serta melakukan observasi terhadap perilaku anak. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya guru pendamping khusus dan program pembelajaran pribadi yang tepat maka perkembangan anak tunarungu secara holistik tidak berbeda dengan anak normal pada umumnya. Meski untuk kemampuan berkomunikasi masih perlu terus ditingkatkan, terutama dalam penggunaan bahasa isyarat.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Winastuti, N. W. ., & Maula, M. M. . (2021). Perkembangan Holistik Pada Anak Tunarungu Di Paud It Dan Ra It “Bina Insani” Mojoroto Kota Kediri. Happiness: Journal of Psychology and Islamic Science, 5(1), 21–30. https://doi.org/10.30762/happiness.v5i1.378

Issue

Section

Articles