Penerapan Metode Guide Writing Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Pola Dasar Pada Anak Disgrafia
DOI:
https://doi.org/10.30762/happiness.v3i1.348Keywords:
Anak Disgrafia, Metode Guide WritingAbstract
Pada anak-anak sering ditemukan kesulitan belajar utamanya mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Salah satu tipe kesulitan belajar yang umum ditemukan adalah kesulitan menulis (disgrafia). Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan umumnya anak yang mengalami disgrafia terbiasa untuk menulis dengan menebali titik, sehingga tidak terbiasa mengenal dasar-dasar membentuk huruf secara mandiri. Untuk memulai langkah tersebut, maka perlu diajarkan pola-pola dasar untuk membentuk suatu huruf. Pola inilah yang kemudian diaplikasikan menjadi bentuk yang padu dalam huruf abjad. Pengenalan pola dasar ini dapat dilakukan dengan memberikan contoh visual sebagai stimulus untuk melatih menulis pola dasar tersebut. Metode yang demikian dikenal dengan istilah guide writing. Guide writing dilakukan secara bertahap dimulai dengan pemodelan atau memberikan contoh, memberikan teknik terbimbing dan praktik mandiri. Metode ini efektif diterapkan untuk melatih anak disgrafia meningkatkan ketrampilan menulis pola dasar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Arisa Rahmawati Zakiyah, Risma Alvina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.