Penerapan Metode Guide Writing Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Pola Dasar Pada Anak Disgrafia

Authors

  • Arisa Rahmawati Zakiyah Prodi Psikologi Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Risma Alvina Prodi Psikologi Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/happiness.v3i1.348

Keywords:

Anak Disgrafia, Metode Guide Writing

Abstract

Pada anak-anak sering ditemukan kesulitan belajar utamanya mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Salah satu tipe kesulitan belajar yang umum ditemukan adalah kesulitan menulis (disgrafia). Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan umumnya anak yang mengalami disgrafia terbiasa untuk menulis dengan menebali titik, sehingga tidak terbiasa mengenal dasar-dasar membentuk huruf secara mandiri. Untuk memulai langkah tersebut, maka perlu diajarkan pola-pola dasar untuk membentuk suatu huruf. Pola inilah yang kemudian diaplikasikan menjadi bentuk yang padu dalam huruf abjad. Pengenalan pola dasar ini dapat dilakukan dengan memberikan contoh visual sebagai stimulus untuk melatih menulis pola dasar tersebut. Metode yang demikian dikenal dengan istilah guide writing. Guide writing dilakukan secara bertahap dimulai dengan pemodelan atau memberikan contoh, memberikan teknik terbimbing dan praktik mandiri. Metode ini efektif diterapkan untuk melatih anak disgrafia meningkatkan ketrampilan menulis pola dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Zakiyah, A. R. ., & Alvina, R. . (2019). Penerapan Metode Guide Writing Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Pola Dasar Pada Anak Disgrafia. Happiness: Journal of Psychology and Islamic Science, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.30762/happiness.v3i1.348

Issue

Section

Articles