Studi Perbedaan Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Kelas 4 Dan 5 Yang Mengikuti Leadership Program Di Sd Islamic International School (Psm) Kediri
DOI:
https://doi.org/10.30762/happiness.v2i2.344Keywords:
Kepercayaan Diri, Leadership program, Jenis KelaminAbstract
Program Kepemimpinan (Leadership Program) merupakan salah satu pendidikan karakter yang diterapkan di SD Islamic International School (IIS) PSM Kediri. Program ini berupaya memfasilitasi pendidikan karakter pemimpin Islam secara praktis, sekaligus juga meningkatkan rasa percaya diri siswa. Percaya diri dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah jenis kelamin. Seks merupakan anugerah yang melekat pada diri kita sejak lahir yang tidak mungkin kita ubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kepercayaan diri siswa laki-laki dan perempuan kelas 4 dan 5 yang mengikuti Leadership Program di SD Islamic International School (PSM) Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas 4 dan 5 yang berjumah 39 siswa. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala kepercayaan diri yang dibuat menurut teori Leuser. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis t-test of independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa laki-laki yang mengikuti Leadership Program di SD Islamic International School (PSM) Kediri memperoleh skor rata-rata 119,58 dengan kategori tinggi. Sedangkan, kepercayaan diri siswa perempuan yang mengikuti Leadership Program di SD Islamic International School (PSM) Kediri memperoleh skor rata-rata 127,85 dengan kategori sangat tinggi. Kemudian dari hasil uji-t menunjukkan skor Sig. (2-tailed) yaitu 0.012 lebih kecil dari 0.05 (0.012 < 0.05). Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan kepercayaan diri siswa laki-laki dan perempuan kelas 4 dan 5 yang mengikuti Leadership Program di SD Islamic International School (PSM) Kediri. Dimana kepercayaan siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Nurul Hidayati, Irfan Burhani, Moh. Asror Yusuf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.