Analisis Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Berdasarkan Index For Inclusion

Authors

  • Retno Sulistiyaningsih
  • Muryantinah Mulyo Handayani

DOI:

https://doi.org/10.30762/happiness.v2i2.341

Keywords:

Penyelenggaraan, Pendidikan Inklusi, Index for Inclusion

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan inklusi menggunakan indikator Index for Inclusion yang meliputi dimensi budaya, kebijakan, dan praktik. Definisi pendidikan inklusi merujuk kepada Permendiknas No 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusi yang dianalisis menggunakan perspektif Index for Inclusion dari Booth & Ainscow (2002). Penelitian ini berfokus di SD YBPK Semampir Kota Kediri. Peneliti menggunakan tipe studi kasus untuk mengetahui isu terkait penyelenggaraan pendidikan inklusi secara lebih mendalam. Informan dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan orang tua siswa SD YBPK Semampir Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan tipe analisis tematik. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa penyelenggaraan pendidikan inklusi telah memenuhi seluruh indikator dalam tiga dimensi Index for Inclusion, yaitu dimensi budaya, kebijakan, dan praktik. Akan tetapi dalam penyelenggaraannya, ada beberapa indicator pada masing-masing dimensi ndex for nclusion yang perlu dikembangkan.

Downloads

Published

2018-12-30

How to Cite

Sulistiyaningsih, R. ., & Handayani, M. M. . (2018). Analisis Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Berdasarkan Index For Inclusion. Happiness: Journal of Psychology and Islamic Science, 2(2), 67–81. https://doi.org/10.30762/happiness.v2i2.341

Issue

Section

Articles