Hubungan Antara Self Regulated Learning Dan Komunikasi Interpersonal Dengan Problem Focused Coping Mahasiswa

Authors

  • Mohammad Mirza Firdaus Prodi Psikologi Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Suharnan Prodi Psikologi Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/happiness.v2i1.335

Keywords:

Self Regulated Learning, Komunikasi Interpersonal, Problem Focused Coping

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning dan Komunikasi Interpersonal dengan Problem focused coping mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi. Subjek penelitian ini adalah 110 mahasiswa psikologi islam, dengan menggunakan perhitungan yang telah dikembangkan oleh Isac dan Michaeal. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan Skala problem focused coping, skala self-regulated learning dan skala komunikasi interpersonal. Analisa statistik menggunakan analisis regresi, menunjukkan angka koefisian korelasi sebesar 1.881 dengan nilai p = 0.00 (p < 0.05); nilai korelasi antara self-regulated learning dengan problem focused coping sebesar -0.008 dan p=0.993 (p > 0.05) hasil ini menunjukkan tidak ada hubungan self-regulated learning dengan problem focused coping, sedangkan nilai korelasi antara komunikasi interpersonal dengan problem focused coping sebesar 61.337 dan p=0.00 (p<0.05) hal ini menunjukkan ada hubungan antara komunikasi interpersonal dengan problem focused coping. Nilai R Square sebesar 0.972 atau (97.2%). Artinya variabel problem focused coping dipengaruhi oleh selfregulated learning dan komunikasi interpersonal sebesar 97.2 % sedang 2.8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini seperti dukungan social, motivasi kedisiplinan dan lain-lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-30

How to Cite

Firdaus, M. M. ., & Suharnan. (2018). Hubungan Antara Self Regulated Learning Dan Komunikasi Interpersonal Dengan Problem Focused Coping Mahasiswa. Happiness: Journal of Psychology and Islamic Science, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30762/happiness.v2i1.335

Issue

Section

Articles