Hubungan Antara Self Regulated Learning Dan Komunikasi Interpersonal Dengan Problem Focused Coping Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.30762/happiness.v2i1.335Keywords:
Self Regulated Learning, Komunikasi Interpersonal, Problem Focused CopingAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self-regulated learning dan Komunikasi Interpersonal dengan Problem focused coping mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi. Subjek penelitian ini adalah 110 mahasiswa psikologi islam, dengan menggunakan perhitungan yang telah dikembangkan oleh Isac dan Michaeal. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan Skala problem focused coping, skala self-regulated learning dan skala komunikasi interpersonal. Analisa statistik menggunakan analisis regresi, menunjukkan angka koefisian korelasi sebesar 1.881 dengan nilai p = 0.00 (p < 0.05); nilai korelasi antara self-regulated learning dengan problem focused coping sebesar -0.008 dan p=0.993 (p > 0.05) hasil ini menunjukkan tidak ada hubungan self-regulated learning dengan problem focused coping, sedangkan nilai korelasi antara komunikasi interpersonal dengan problem focused coping sebesar 61.337 dan p=0.00 (p<0.05) hal ini menunjukkan ada hubungan antara komunikasi interpersonal dengan problem focused coping. Nilai R Square sebesar 0.972 atau (97.2%). Artinya variabel problem focused coping dipengaruhi oleh selfregulated learning dan komunikasi interpersonal sebesar 97.2 % sedang 2.8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini seperti dukungan social, motivasi kedisiplinan dan lain-lain.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Mohammad Mirza Firdaus, Suharnan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.