Dinamika Lembaga Zakat Dalam Masyarakat: Perspektif Sosiologi Terhadap Distribusi Kekayaan Dan Keadilan Sosial

Authors

  • Istikomah Makmur UIN KH. Abdurrahman Wahid
  • Dewi Rosanti
  • Khaerunnisa Tri Darmaningrum

DOI:

https://doi.org/10.30762/asketik.v7i2.1166

Keywords:

dinamika; distribusi kekayaan; keadilan sosial; lembaga zakat.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dinamika lembaga zakat dalam masyarakat dengan menggunakan perspektif sosiologi untuk memahami distribusi kekayaan dan keadilan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dari berbagai lembaga zakat, masyarakat penerima zakat, dan tokoh masyarakat terkait. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi faktor-faktor sosial, ekonomi, politik, dan budaya yang mempengaruhi dinamika lembaga zakat dalam distribusi kekayaan dan upaya mencapai keadilan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga zakat menghadapi tantangan dalam menjalankan perannya secara efektif dan adil. Beberapa masalah yang diidentifikasi meliputi ketidakmerataan distribusi zakat, kekurangan transparansi dalam pengelolaan dana, dan ketidaktepatan pemilihan penerima zakat. Selain itu, faktor sosial seperti stigmatisasi terhadap penerima zakat dan ketidakpedulian sosial juga berdampak pada dinamika lembaga zakat. Namun, penelitian ini juga menyoroti peran lembaga zakat dalam mencapai keadilan sosial. Lembaga zakat dapat menjadi alat untuk mengurangi kesenjangan sosial dan mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat yang kurang mampu. Namun, untuk mencapai tujuan ini, perlu adanya reformasi dalam pengelolaan lembaga zakat, peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya zakat, dan peran aktif dari pemerintah dan masyarakat dalam pengawasan dan pengembangan lembaga zakat. Penelitian ini memberikan wawasan tentang dinamika lembaga zakat dalam masyarakat dan relevansinya dalam konteks distribusi kekayaan dan keadilan sosial. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk merumuskan kebijakan dan tindakan yang lebih efektif dalam meningkatkan peran lembaga zakat dalam mencapai keadilan sosial dalam masyarakat.

References

Aprianto, Naerul Edwin Kiky. (2016). Kebijakan Distribusi dalam Pembangunan Ekonomi Islam, Vol. 8 No. 2.

Asri, Herlina. (2011). Penyelesaian Konflik Sosial Melalui Penguatan Kearifan Lokal, Vol. 2 No. 2.

Atabik, Ahmad. (2015). Peranan Zakat Dalam Pengentasan Kemiskinan, Vol. 2 No. 2.

Faturochman. (1999). Keadilan Sosial: Suatu Tinjauan Psikologi, Tahun VII, No. 1.

Hafiz, M., & Nasution, Y. S. (2023). Analisis Model Pengelolaan Zakat, Infaq dan Shadaqah pada Lembaga Zakat Al-Washliyah (LAZWASHAL). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 1034-1043. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7848

Hisamuddin, Nur. (2017). Transparansi dan Pelaporan Keuangan Lembaga Zakat, Vol. 4 No. 2.

Holil. (2019). Lembaga Zakat dan Peranannya dalam Ekuitas Ekonomi Sosial dan Distribusi, Vol. 10 No. 1.

Iswari, Putu Widhi Maskur Rosyid. (2020). Tinjauan Prinsip Good Goverance dan Perspektif Islam Dalam Operasional Lembaga Zis, Vol. 1 No, 2.

Khairuddin. (2020). Zakat Dalam Islam, (Yogyakarta: Zahir Publishing.

Mairijani, Mairijani, Mochammad Arif Budiman. (2021). Prefensi Muzakki dalam Menyalurkan Dana Zakat di Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah Kota Banjarmasin, Vol. XII No. II.

Piliyanti, Indah. (2022). Inklusifitas dan Inovasi Sosial Lembaga Filantropi Islam di Indonsia: Prespektif Maqasid Syariah. Yogyakarta: Disertasi.

Purwaningsih, Sugiarto, Budiarto. (2023). SOSIOHUMANIORA:Jurnal ilmiah ilmu social dan humaniora, Vol. 9 No. 1, https://doi.org/10.30738/sosio.v9i1.13427 Februari 2023

Rahman, Taufikur. (2015). Akuntasi Zakat, Infaq, dan Sedekah (PSAK: 109), Vol. 6 No. 1.

Rosyad, Abdul, Ade Fakih Kurniawan. (2022). Zakat Harta dalam Kaijian Yuridis, Psikologis dan Sosiologis, Vol. 1 No. 2.

Susilawati, Nilda. (2018). Analisis Model Fundraising Zakat, Infak, dan Sedekah di Lembaga Zakat, Vol. 4 No. 1.

Syahputra, Angga, Kaswinata, M. Yasir Nasution, Sugianto. (2022). Urgensi Keadilan Dalam Penyaluran Zakat di Indonesia, Vol. 8 No. 2 Aceh: Jurnal Iqtisaduna.

Yusra, Mahda, Muhammad Haris. (2020). Transparansi Akuntabilitas Pengelolaan Zakat di Baitul Mal Aceh: Analisis Persepsi Muzakki, Vol. 11 No. 2.

Downloads

Published

2024-01-28

How to Cite

Makmur, I., Dewi Rosanti, & Khaerunnisa Tri Darmaningrum. (2024). Dinamika Lembaga Zakat Dalam Masyarakat: Perspektif Sosiologi Terhadap Distribusi Kekayaan Dan Keadilan Sosial. Asketik: Jurnal Agama Dan Perubahan Sosial, 7(2), 228–251. https://doi.org/10.30762/asketik.v7i2.1166