The Trilogy of Brotherhood on the Subject of Aswaja as Prevention of Radicalism at NU Schools

Authors

  • Imroatul Hasanah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Keywords:

Radikalisme, Trilogi Ukhuwah, Sekolah Berbasis NU

Abstract

Beberapa isu hangat pemboman di Indonesia yang melibatkan muslim radikal adalah bukti rendahnya toleransi dan nasionalisme mereka. Aksi radikal selalu diawali dari paham radikalisme yang berkeyakinan bahwa nonmuslim atau muslim diluar kelompok mereka adalah halal darahnya. Salah satu doktrin radikalisme yang berhasil mencuci otak anggotanya adalah suatu paham dimana perang adalah satu-satunya jihad yang berhadiah surga. Paham radikalisme ini bertolak belakang dengan Nahdlatul Ulama’ (NU) yang mempunyai trilogi ukhuwah, yaitu Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyyah dan Ukhuwah Basyariyyah. Ketiga trilogi tersebut merupakan paham moderat yang mengedepankan perdamaian yang mengajarkan toleransi, baik yang sealiran maupun yang berbeda aliran, menghargai pemeluk agama lain dan mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa dan negara. Trilogi ukhuwah tersebut diajarkan kepada siswa siswi di sekolahsekolah berbasis NU se-Indonesia, terintegrasi dan menjadi bagian dari mata pelajaran Aswaja (Ahlussunnah Wal Jamaah) yang telah diajarkan sejak puluhan tahun yang lalu. Trilogi ukhuwah ini menjadi salah satu usaha sekolah-sekolah berbasis NU untuk membentengi siswa siswinya dari paham radikalisme. Tujuannya adalah mereka tumbuh menjadi umat muslim yang berjiwa moderat, toleran dan menghargai perbedaan dalam keberagaman kehidupan di Indonesia.

References

Ali, Salman, 2018, What is the Differences Between Radical Islam and the Non-Radical Islam, https://www.quora.com/what-is-the-difference-between-radicalislam-and-the-non-radical, accessed on August 8, 2018.

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Damanik, Margith Juwita, 2018, 5 Kasus Terordi Indonesia Selama Mei 2018, https://

idntimes.com/news/indonesia/margithjuwita-damanik/5-kasus-teror-diindonesia-selama-mei-2018, accessed on8 August, 2018.

Dugis, Vinsensio, 2016, Terorisme; Sebuah Tinjauan Politis, https://www.researchgate.net/publication, accessed on August 8, 2018.

English Translation of Quran, (without year), Al-Maidah: 32, http://islaminquran.

com/en-US/surah-5/al-maidah/ayat-32/quran_ayats.aspx, accessed on August 10, 2018.

Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R., 2007, Educational research: An introduction (8th ed.), Boston: Pearson.

Haidar, M. Ali, 1994, Nahdatul Ulama dan Islam Di Indonesia: Pendekatan Fikih dalam Politik , Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hakim, Luqman, 2004, Terorisme di Indonesia, Surakarta: FSIS.

Hitchcock, Graham and David Hughes, 1995, Research and the Teacher, a Qualitative

Introduction to School Based Research, New York: Routledge.

Imanulhaq, Maman, 2014, Tiga Konsep Persaudaraan, http://www.berisatu.com/tausiah/195510-3-konsep-persaudaraan.html, accessed on August 10, 2018.

Ishomuddin, Ahmad, 2018, Dasar-Dasar Mencintai Tanah Air dalam Agama Islam,

https://www.erhaje88.com/2018/01/dasar-dasar-mencintai-tanah-air-dalamagama-islam.html?m=1 , accessed on August 8, 2018.

Mubarak, Zulfi, 2012, Fenomena Terorisme di Indonesia: Kajian Aspek Teologi, Ideologi dan Gerakan, Salam: Jurnal Studi Masyarakat Islam, 15(2), 240-254.

Nassaji, Hossein, 2015, Qualitative and Descriptive Research: Data Type Versus Data Analysis, Language Teaching Research 2015,19(2), 129 –132.

Navis, Abdurrahman, Muhammad Idrus Ramli and Faris Khoirul Anam, 2013, Risalah

Ahlussunnah Wal-Jama’ah, Surabaya: Khalista dan Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur.

Navis, Abdurrahman, et, al., 2016, Khazanah Aswaja, Surabaya: Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur.

Nazir, Moh, 2005, Metode Penelitian , Bogor: Ghalia Indonesia.

Thoha, As’ad, et.al., 2012, Pendidikan Aswaja dan Ke-NU-an, Sidoarjo: Al Maktabah -

PWNU Jawa Timur.

Qodar, Nafiysul, Raden Trimutia Hatta, 2018, Wajah Baru Undang-Undang

Terorisme, http://m.liputan6.com/news/read/3538973/wajah-baru-undangundang-terorisme, accessed on August 5, 2018.

Roser, Max, Mohamed Nagdy and Hannah Ritchie, 2013, Terrorism, https://ourworldindata.org/terrorism, accessed on August 9, 2018.

Salim HS, Hairus dan Ridwan Fakla As, 1995, Biografi lima Rais ‘Am Nahdlatul Ulama, Yogyakarta: LTN-Nu.

Simanjuntak, Shara Yosevina, 2016, Analisis Kerja Sama Bilateral Indonesia Dengan

Australia Dalam Penanggulangan Terorisme Sebagai Kejahatan Transnasional Terorganisir (2002-2015), Journal of International Relations, 2(3), 117-127.

Slamet, 2017, Trilogi Ukhuwah: Fondasi Pembangunan Indonesia, http://www.nu.or.id/post/read/75101/trilogiukhuwah-fondasi-pembangunanindonesia,

accessed on August 10, 2018.

Downloads

Published

2023-04-09

How to Cite

Hasanah, I. (2023). The Trilogy of Brotherhood on the Subject of Aswaja as Prevention of Radicalism at NU Schools. Asketik: Jurnal Agama Dan Perubahan Sosial, 2(2). Retrieved from https://jurnalfuda.iainkediri.ac.id/index.php/asketik/article/view/1078